Sering Memandikan Bayi Bikin Masuk Angin, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sering memandikan bayi diduga bisa membuatnya masuk angin. Kira-kira pendapat itu mitos atau fakta ya, gaes?

Kegiatan memandikan buah hati yang masih bayi merupakan momen paling ditunggu oleh setiap orang tua. Selain kegiatan tersebut dinilai menyenangkan bagi bayi juga membuat sang ibu lebih dekat dengan anaknya.

Biasanya orang tua memandikan bayi dua kali sehari, layaknya jadwal mandi orang dewasa. Namun, menurut mitos yang beredar memandikan bayi setiap hari dapat menimbulkan masalah kesehatan, yaitu masuk angin. Benarkah?

Bayi yang baru dilahirkan sampai belum bisa merangkak, nyatanya tidak perlu terlalu sering dimandikan. Alasannya, karena pada usia tersebut bayi biasanya tidak terlalu kotor.

Para ibu disarankan untuk memandikan bayi cukup 3 kali seminggu dalam tahun pertama. Meskipun tidak disarankan untuk mandi setiap hari, bayi harus tetap dibersihkan bagian muka, leher, tangan, kemaluan hingga pantatnya setiap hari.
Dampak yang ditimbulkan apabila memandikan bayi terlalu sering adalah kulit bayi akan menjadi kering dan mudah terkena iritasi.

Bayi yang dimandikan setiap hari akan rentan terkena masalah kesehatan kulit. Alasannya, karena kulit bayi lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa sehingga perlu dirawat dengan kelembutan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini