Selain Sate, Ini 5 Ide Olahan Daging di Idul Adha

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Raya Idul Adha identik dengan menyembelih hewan kurban berupa sapi, kambing, atau domba. Tak jarang juga, momen ini diramaikan dengan kegiatan memasak berbagai menu dengan olahan daging kurban.

Aneka makanan disajikan serta berkumpul dengan keluarga, membuat perayaan Idul Adha semakin meriah. Umumnya, daging sapi dan kambing dijadikan masakan sate. Namun, selain sate ada beberapa ide masakan olahan daging kurban yang nggak kalah lezat dan nikmat.

Yuk, kepoin ide makanan dari olahan daging Idul Adha berikut ini.

1. Rendang

Makanan khas yang berasal dari Padang, Sumatra Barat ini menjadi olahan Idul Adha favorit yang disukai oleh semua kalangan. Karena cita rasa yang pedas dan rempah-rempah yang kaya membuat rasanya lebih kompleks.

2. Sop Iga Kambing

Kamu bisa mengolah daging kurban dengan membuat sop iga kambing. Mengolahnya pun cukup mudah, hanya dengan merebus iga kambing bersama daun pandan. Lalu, tumis bumbu halus seperti jahe, cengkeh, dan kayumanis hingga aromanya harum.

Kaldu dan rempah-rempah yang dipadukan di dalam kuahnya seolah memperkaya cita rasa sop iga.

3. Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak dengan cara unik, yaitu menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Biasanya, daging yang digunakan terdiri dari usus, babat, dan tetelan daging sapi.

4. Dendeng Balado

Dendeng balado dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado atau sambal berwarna merah. Memiliki tekstur garing dan renyah, dendeng balado merupakan makanan khas Sumatra Barat.

5. Gulai Kambing

Gulai kambing juga kerap dipasangkan dengan sate kambing. Sajian khas Idul Adha ini berbahan utama daging domba atau kambing yang dimasak dengan saus mirip kari pedas dan berwarna kekuningan bernama gulai.

Proses memasaknya pun mudah dan bumbunya tidak terlalu rumit. Bumbu rempah yang sedap akan membuat nafsu makan kamu semakin bertambah.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini