Selain Langsung Dikonsumsi, Kurma Bisa Diolah Jadi Minuman, Ini Tipsnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kurma terdiri dari dua varian yaitu kering dan basah. Jika kering, kurma mengandung sedikit air dibandingkan yang basah. Di Indonesia pun, kurma kerap menjadi suguhan sebagai sajian takjil atau pembuka puasa.

Namun ada juga yang memilih untuk mengonsumsi kurma dalam bentuk minuman hangat atau dingin. Hal ini umumnya dilakukan oleh orang yang tidak terlalu menyukai manis legit kurma. Maka, ada beberapa cara untuk mengolah kurma supaya bisa menjadi sajian minuman.

Pertama, untuk mengolah minuman sari kurma asli, bisa menggunakan kurma berjenis basah. Menurut FB Captain eL Hotel Royale Yogyakarta, Alfian Saktyawan, kurma basa kebih manis dan mudah dihaluskan.

Kedua, jika ingin membuat milkshake dari kurma, hal utama yang perlu dilakukan adalah memisahkan daging kurma dengan bijinya. Kupas juga kulit terluarnya, karena ketika dihaluskan menggunakan blender, kulit tersebut tidak akan halus sempurna.

Ketiga, mengingat kurma sudah mengandung banyak kadar gula maka cukup campurkan dengan fresh milk dan blender hingga halus. Jika masih kurang manis, bisa menambahkan brown sugar khusus untuk sajian hangat dan simple sirup untuk sajian dingin.

Keempat, khusus untuk minuman hangat bisa dengan memadukan kurma dengan rempah-rempah seperti jahe, kapulaga, sereh, daun pandan, cengkih juga kayu manis. Caranya dengan merebus rempah terlebih dulu kemudian disaring airnya. Lalu blender kurma dan campurkan dengan air rebusan rempah.

Terakhir, kurma kering juga bisa digunakan untuk topping. Baik untuk minuman atau topping pudding dan cake. Cukup mengiris kurma kecil-kecil kemudian taburkan ke dalam sajian.

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini