Selain Benjolan, Ini Ciri-ciri Kanker Payudara Tahap Awal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAKanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti semua orang. Ada beberapa ciri tahap awal yang harus diwaspadai.

Penyakit tumor ganas ini tumbuh di sel payudara. Jka merasa ada yang aneh pada bentuk perubahan di payudara, bisa jadi itu tanda atau gejala kanker.

Kanker payudara biasanya terbentuk di saluran payudara, kelenjar yang menghasilkan susu, atau jaringan lemak dan ikat di dalam payudara. Pertumbuhan sel kanker payudara yang tidak terkontrol dapat merembet ke bagian tubuh lain melalui kelenjar getah bening.

Gejala kanker payudara baru terlihat saat tumor mulai tumbuh. Berikut ini ciri-ciri kanker payudara Selain benjolan yang umum dirasakan penderitanya.

1. Perubahan tekstur kulit payudara

Perubahan tekstur kulit ini disebabkan peradangan pada sel-sel kulit payudara. Beberapa perubahannya di antaranya, kulit bersisik atau sangat kering di sekitar puting dan areola kemudian di bagian payudara menebal

Terkadang penderita juga mengalami gatal. Namun, tidak semua perubahan tekstur kulit payudara merupakan gejala awal kanker payudara.

2. Keluar cairan dari puting

Cairan yang keluar dari puting padahal tidak sedang menyusui juga bisa jadi tanda kanker payudara tahap awal. Cairan tersebut bisa encer maupun kental. Warna juga bisa bervariasi mulai dari bening, keruh putih mirip susu, kuning, hijau, atau kemerahan.

3. Nyeri pada payudara

Selain itu perubahan ini juga memicu rasa sakit, nyeri saat ditekan, dan ketidaknyamanan pada payudara. Beberapa penderita ada yang menggambarkan rasa sakitnya seperti panas mirip terbakar.

Meskipun kanker payudara seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, penting untuk tidak mengabaikan setiap perubahan pada payudara.

4. Payudara bengkak

Coba kamu amati jika ukuran payudara yang satu jauh berbeda atau bentuknya sangat berbeda dari payudara lainnya. Terutama jika perubahan bentuk dan ukurannya baru-baru saja. Tak hanya bengkak, tanda kanker payudara lain adalah kulit di sekitar payudara juga terasa kencang.

5. Kelenjar getah bening membengkak

Selain pada ketiak, kelenjar getah bening yang terletak di dekat tulang selangka juga biasanya ikut membengkak. Benjolan kelenjar getah bening biasanya cenderung kecil dan padat, tetapi terasa lunak jika disentuh. Benjolan juga dapat tumbuh besar dan melekat dengan jaringan di sekitar ketiak.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini