Selain Baymax 2, Deretan Film Animasi Anak Ini Juga Mengandung Unsur LGBT

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Animasi serial Baymax terbaru memasukkan sebuah scene yang mengandung unsur LGBT. Tentu film ini harus dalam pengawasan orang tua, apalagi film animasi Baymax sangat disukai anak-anak.

Film spin-off dari kisah ‘Big Hero 6’ yang rilis 2014 silam ini, memunculkan dua adegan yang kental dengan nuansa LGBT. Adegan tersebut akhirnya banyak diperbincangkan di media sosial. Serial tersebut kini sudah rilis di Disney+ sejak 29 Juni 2022.

Selain serial Baymax, ternyata ada juga lho film animasi anak lainnya yang mengandung unsur LGBT. Ini sebagian diantaranya:

1. Lightyear (2022)

Sebelum serial Baymax, film Disney Pixar ‘Lightyear’ juga menuai banyak kritik dari penggemar film. Dalam film tersebut, terdapat adegan ciuman antar sesama jenis atau LGBT.

Ciuman sesama jenis bukannya tanpa kontroversi, dengan Disney mempertimbangkan untuk menghapus adegan itu dari film, dan adegan itu sendiri membuat film Lightyear spin-off Toy Story dilarang di beberapa negara.

2. Beauty and the Beast (2017)

Sutradara Bill Condon mengungkapkan dalam sebuah wawancara, ada ‘momen gay’ antara tokoh antagonis Gaston, dan temannya, LeFou. LeFou adalah orang yang kadang iri dan ingin menjadi seperti Gaston yang kuat, namun kadang dia ingin mencium Gaston, dirinya bingung dengan perasaannya.

Meski LeFou tidak pernah mengonfirmasi orientasi seksualnya dalam film, jelas terlihat bahwa ia menyukai Gaston. Bahkan, pada akhir film, LeFou terlihat berdansa dengan laki-laki.

3. Zootopia (2016)

Film berisi hewan-hewan menggemaskan ini jadi film Disney pertama yang menampilkan karakter LGBT, lho. Co-director Jared Bush mengonfirmasi bahwa ada pasangan hewan yang gay, yakni Pronx dan Bucky Oryx-Antlerson.

Mereka berdua adalah tetangga Judy Hopps, kelinci yang baru diterima di akademi kepolisian. Keduanya merupakan hewan dari jenis berbeda, tetapi punya jenis kelamin sama.

4. Finding Dory (2016)

Awalnya tak ada yang mencolok di trailer dan film animasiFinding Dory. Namun, kalau diperhatikan tampak sekilas dua perempuan yang bergandengan tangan dan mengobrol soal anak gurita yang lucu. Pasangan itu merupakan pasangan lesbian pertama yang ditampilkan dalam film animasi anak-anak.

5. Frozen (2013)

Karakter Oaken di film petualangan Anna dan Elsa ini muncul selama beberapa menit saja. Oaken, pria penjaga toko yang menawari Kristoff dan Anna untuk menikmati sauna di tempatnya.

Dia berkata, “Hello, keluarga!” dan muncul seorang pria dengan empat anak melambai ke kamera. Penggemar berasumsi bahwa pria tersebut adalah pasangan Oaken bersama anak-anaknya.

Itulah deretan film animasi anak yang mengandung unsur LGBT di dalamnya. Para orang tua harus hati-hati dan selalu mengawasi anak saat menonton, ya.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jadi Bagian Integral NKRI, Papua Kunci Wujudkan Indonesia Emas 2045

Papua merupakan kunci untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang sebagai bagian integral yang sama sekali tidak bisa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini