Sederet Inspirasi Berbisnis Buat Milenial yang Low Budget

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tren berbisnis dan membuka usaha sendiri nampaknya tengah digandrungi masyarakat, khususnya kaum milenial. Mereka berlomba-lomba membuat ide yang kreatif agar bisa bersaing dengan pasaran.

Akan tetapi, terkadang modal menjadi penghambatan untuk mewujudkan membuka usaha sendiri. Terutama bagi milenial yang masih newbie dan awam di dunia bisnis.

Jangan sedih, jika modal tipis, kamu tetap memiliki kesempatan untuk terjun ke dunia bisnis. Kecil-kecilan saja. Jika kamu ulet dan bisa mengelolanga dengan baik, gak menutup kemungkinan usahamu jadi sukses besar. Nih, ada sederet inspirasi berbisnis yang kekinian buat kamu para milenial dan pastinya minim modal. Simak yuk!

1. Fotografi

Ilustrasi fotografer (pixabay)

Jika kamu memiliki kamera dan skill fotografi, maka bisnis ini bisa jadi jawabannya. Bisnis ini cukup digandrungi anak muda mengingat sekarang banyak influencer dan kaum milenial lainnya yang seringkali membutuhkan jasa fotografi yang keren dan profesional.

Nah, kalau kamu memiliki minat di bidang ini dan berniat untuk memulainya sebagai bisnis, kamu bisa mulai berlatih dan membuat portofolio hasil karya jepretanmu. Jangan lupa tentukan objek yang kamu suka yang nantinya jadi fokus bisnis fotografimu.

2. Buka Thrift Shop

Ilustrasi toko thrift shop (pixabay)

Anak muda saat ini pasti udah gak asing sama bisnis thrift shop. Bahkan, mungkin kamu pun sering belanja online di thrift shop juga kan?

Buat yang belum tahu, thrif shop merupakan toko barang bekas yang bisa meliputi baju, tas atau sepatu. Meski judulnya barang bekas, barang-barang yang dijual tentu masih bagus dan layak pakai loh!

Buktinya, banyak sekali anak muda yang mencari thrift shop untuk berburu barang bekas yang masih bagus.

Nah jika kamu mau memulai bisnis ini, kamu bisa mencari barang-barangmu yang sudah tak terpakai namun masih layak pakai ya. Kemudian foto barang-barang tersebut dan pasarkan di sosial mediamu.

3. Bisnis Makanan

Ilustrasi bisnis makanan (pixabay)

Kamu hobi masak? Mau buka usaha sendiri hasil masakanmu? Bisa banget kok.

Buka usaha makanan terkadang bikin orang ragu untuk memulainya. Mereka berpikir modal yang tidak sedikit dan risiko yang besar bikin mereka maju mundur untuk memulainya.

Jangan ragu deh. Kamu bisa kok memulainya dari masakan yang ringan dan sederhana. Coba tanyakan pada teman-teman atau followers mu di sosial media, makanan apa saja yang biasa mereka beli.

Lalu, Buatlah hidangan tersebut atau kamu bisa melihat tutorial lengkapnya di YouTube biar lebih meyakinkan kamu. Setelah itu, kamu bisa pasarkan hasil masakanmu ke sosial media deh.

4. Buka Kursus/Les

Ilustrasi kursus/les (pixabay)

Mau berbisnis dengan modal yang lebih minim lagi? Ada nih caranya. Kalau kamu memiliki passion mengajar dan terampil, kamu bisa coba untuk buka kursus atau les belajar.

Kamu gak perlu menguasai semua ilmu pengetahuan kok. Jika ada satu mata pelajaran yang benar-benar kamu kuasai, maka itu bisa jadi peluang bisnismu. Misalnya, kamu mahir berbahasa inggris.

Kamu bisa mulai membuka kursus atau les bahasa inggris. Usianya pun bisa kamu tentukan. Apakah kamu ingin mengajari mulai dari kelas SD atau bisa ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi, modalnya cukup dengan pengetahuan yang kamu miliki ya.

5. Graphic Designer

Graphic designer (pixabay)

Salah satu bisnis yang sedang digemari kaum milenial ialah graphic designer. Kalau kamu punya passion dan skill dibidang ini, maka bisnis inilah yang cocok untukmu.

Perlu kamu ketahui, banyak orang yang kini mencari-cari jasa desain grafis untuk membuat undangan, flyer acara, logo dan sebagainya. Kamu hanya bermodal laptop dan kreatifitas untuk memulai bisnis ini.

Jika tertarik, coba mulai untuk membuat portofolio hasil desain terbaikmu. Hal tersebut bisa sebagai bukti bahwa hasil karyamu sudah terpercaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini