Saat Berbuka Jangan Langsung Minum Teh, Ini Alasannya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Minuman manis menjadi asupan wajib ketika mengawali seseorang berbuka puasa. Nah, salah satunya yang menjadi favorit adalah teh manis baik dingin maupun hangat.

Rasa rileks yang diberikan minuman satu ini ketika memasuki tenggorokan kering membuat tak sedikit orang ketagihan. Tapi, kebiasaan ini ternyata tak sebegitu baik.

Minum teh langsung saat buka puasa dalam keadaan perut kosong, menurut penelitian dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh karena ketidakseimbangan zat asam-basa dalam perut.

Teh juga memiliki sifat diuretik alami, yaitu mempercepat naiknya pembentukan urin sehingga Anda akan lebih sering buang air kecil. Hal ini menyebabkan tubuh justru mengalami dehidrasi karena cairan tubuh banyak dikeluarkan.

Sedangkan selama buka puasa, Anda perlu mencukupi cairan untuk mengembalikan keoptimalan kinerja tubuh. 

Efek ringan yang dirasakan dari minum teh ketika perut kosong adalah pusing, pening, sakit kepala, mual, bahkan diare. Jadi, akan lebih baik jika minum air hangat terlebih dahulu tepat saat buka puasa dalam keadaan perut kosong.

Reaksi teh pada tubuh setiap orang bisa saja berbeda. Jika minum teh tak menimbulkan masalah atau justru memberi kenyamanan, Anda bisa tetap mengonsumsinya asal tidak berlebihan. 

Berita Terbaru

Mengulik Strategi Gerindra di Pilkada Sleman, Gabung Koalisi dulu sambil Jalan Pilih Kandidat Potensial

Mata Indonesia, Sleman- Peta politik untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sleman terus berkembang dinamis menjelang Pilkada Sleman 2024. Sejumlah partai politik aktif membentuk koalisi strategis, salah satunya adalah DPC Gerindra Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini