Rekomendasi Buah Tangan Khas Kalimantan, dari Makanan Sampai Aksesoris yang Unik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Kalimantan mencuat kembali setelah pidato Presiden Joko Widodo menyebut Bipang Ambawang, buah tangan dan makanan khas Suku Dayak yang mengandung babi.

Pulau Kalimantan yang kelak akan menjadi ibu kota Indonesia ini menyimpan banyak ciri khas, mulai dari makanan hingga pernak pernik aksesoris. Sebenarnya pas dan cocok untuk dijadikan buah tangan dan hampers bagi keluarga, sahabat, rekan maupun rekan bisnis. Dengan pola belanja online, makanan dan barang-barang ini mudah didapat.

Berikut adalah daftar rekomendasi buah tangan khas Kalimantan yang dapat kamu berikan.

  1. Ilat Sapi

Makanan khas Balikpapan Kalimantan Timur ini berupa kue kering yang terbuat dari tepung dan gula merah dan di atasnya diberi taburan wijen yang melimpah, Kue ini pas rasanya jika disantap pagi hari untuk sarapan dan ditemani dengan susu, kopi ataupun teh hangat.

  1. Dodol Kandangan

Banjarmasin mempunyai makanan khas bernama dodol kandangan. Dodol kandangan ini terbuat dari beras ketan, gula aren dan tambahan bahan lainnya. Teksturnya tak jauh berbeda dengan dodol pada umumnya. Sementara rasanya manis legit. Banyak varian rasa yang disajikan, tetapi yang paling populer ialah dodol kandangan rasa durian. Aroma khas durian dapat dirasakan ketika mulai menggigitnya. Harganya relatif murah yakni sekitar 3 – 10 ribu rupiah per pak nya.

  1. Wadai Apam

Wadai apam adalah kue khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, kelapa parut, santan dan ragi lalu dikukus. Adonan yang telah siap kemudian dibentuk dalam loyang dengan bentuk persegi empat, bunga atau bundar. Teksturnya lembut dan rasanya manis. Kue ini biasa disajikan pada acara tertentu, seperti pernikahan, pertemuan keluarga, perjamuan tamu dan lain sebagainya.

  1. Rabuk Ikan

Di Banjarmasin melimpahnya ikan haruan atau gabus di kota ini membuat warga sekitar untuk berkereasi mengolah ikan tersebut menjadi panganan yang unik dan berbeda, Mereka membuat ikan haruan menjadi Rabuk Ikan Haruan atau abon ikan. Masyarakat Kalimantan Selatan pun sangat menyukai olahan ikan haruan ini. Selain dagingnya yang lembut serta rasanya yang gurih, ikan haruan kaya akan protein. Cocok untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan.

  1. Amplang

Satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur berupa Amplang Ikan juga menjadi perburuan para pelancong. Amplang menjadi salah satu kerupuk dengan bahan dasar daging ikan pipih. Untuk segi rasanya terbilang gurih dan lezat,kemudian harganya juga terbilang murah. Anda bisa membeli Amplang Ikan sebagai teman cemilan di perjalanan ataupun bisa sebagai oleh-oleh saudara di rumah.

  1. Songket khas Balikpapan

Selain makanan, Ada satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur berupa kain songket dimana Anda dapat menjadikannya sebuah cinderamata untuk saudara ataupun teman di rumah. Corak warna hingga motif yang keren, ditambah lagi kesan elegan sudah bisa ditampilkan secara sempurna sehingga cocok dijadikan sebuah oleh-oleh.

  1. Mantau

Banyak anggapan bahwa Mantau menjadi kuliner khas dari Tiongkok akan tetapi sebenarnya Mantau ini menjadi makanan khas Balikpapan. Dari segi rasa, Mantau terkenal gurih dan lezat yang berbentuk roti dan cocok jika didampingi dengan kopi maupun teh.

  1. Bakpia

Bakpia tak hanya sering dijumpai di Jawa saja. Bakpia juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Kalimantan. Walaupun bentuk, tekstur dan rasanya pun sama dengan bakpia pada umumnya, Tapi bakpia dari Kalimantan ini punya ukuran dan porsi yang lebih besar, sehingga akan semakin enak jika dimakan bersama-sama.

  1. Suvenir Khas Kalimantan

Kalimantan Timur menyimpan segala keunikannya dalam banyak bentuk salah satunya ada souvenir dan aksesoris Suku Dayak dimana banyak dijual sebagai oleh-oleh. Aksesoris khas dari Suku Dayak memang dikenal memiliki nilai seni tinggi bahkan beberapa gelang sampai kalung dibanderol cukup mahal. Anda bisa melihat berbagai macam keunikan souvenir dan aksesoris Suku Dayak yang dijual dalam bentuk gelang, kalung, anting, hingga tas. Cocok untuk hampers lebaran yang berbeda dari yang lainya bukan ?

10. Batu Mulia

Banyak pengrajin batu mulia di Balikpapan. Kota ini sampai sekarang masih menjadi pusat penjualan batu mulia
terbesar. Tidak hanya itu, Pulau Kalimantan juga kaya akan batu mulia sehingga cocok sebagai tempat mendapatkan batu mulia berkualitas terbaik. Ada dua tipe batu mulia paling dicari di Balikpapan mulai dari batu masak yang dibuat memakai bahan campuran hingga tampilannya cantik serta elegan, kemudian batu alami yang dbuat tanpa menggunakan bahan campuran akan tetapi masih memperlihatkan keindahan.

Reporter : Ananda Nuraini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini