Rawan Kesetrum, Begini Cara Terhindar dari Sengatan Listrik saat Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Belakangan ini, curah hujan yang lebat melanda sejumlah daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta. Jika sudah begini, bencana banjir harus siap dihadapi.

Saat banjir, masyarakat tentu khawatir dengan penyakit-penyakit yang kerap melanda. Mulai dari diare, gatal-gatal hingga demam berdarah.

Namun, gak cuma penyakit saja, sengatan listrik saat banjir juga perlu kamu waspadai, lho! Menurut Electrical Safety Foundation International, air laut atau yang mengandung komponen garam dapat merusak kabel dan peralatan yang melindungi listrik.

Hal ini disebabkan oleh sifat air garam yang korosif. Sehingga merusak lapisan kabel dan menimbulkan sengatan listrik.

Sengatan listrik saat banjir tentu sangat berbahaya. Untuk itu, kamu perlu waspada agar tak terjadi peristiwa yang tak diinginkan.

Tenang! Ada kok beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari sengatan listrik saat banjir. Yuk simak!

1. Mematikan Arus Listrik

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah mematikan arus listrik sebelum air mulai masuk rumah. Jika rumah kamu sudah terlanjur dipenuhi air banjir, disarankan jangan melakukan hal di atas seorang diri ya.

Cobalah untuk menghubungi petugas listrik agar aliran listrik di rumahmu bisa segera dimatikan. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih aman meski air banjir memasuki rumahmu.

2. Berhati-hati saat Berjalan

Selanjutnya ialah memperhatikan langkah saat berjalan melalui genangan air. Maka, ketika rumah atau lingkungan terendam oleh banjir, coba perhatikan dulu ya.

Lihat sekelilingmu apakah terdapat alat yang bermuatan listrik yang masih menyala atau tidak. Ingat! Jangan lengah dan menerobos setiap genangan air yang kamu lihat ya.

Kalau tidak berhati-hati, sengatan listrik itu bisa berbahaya untuk nyawa kamu!

3. Jaga Jarak dengan Kabel Listrik

Tak hanya di dalam rumah saja, sengatan listrik juga mengintai di luar lho! Jika memutuskan untuk berjalan saat hujan dan banjir, cobalah untuk menghindari kabel-kabel listrik ya.

Untuk itu, kamu perlu menjaga jarak dari sumber listrik tersebut sekitar tiga meter. Kamu juga bisa mencegah sengatan listrik dengan memotong dahan-dahan pohon dan meletakkannya di dekat tiang listrik. Tujuannya supaya aliran listrik dapat tertahan pada dahan-dahan pohon di sekitarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini