Ragam Makanan yang Dapat Menurunkan Imunitas Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kita semua telah mencoba berbagai makanan dan ramuan untuk meningkatakan kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari infeksi virus corona.

Sambil fokus pada apa yang harus kita konsumsi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas, kita sering lupa akan apa yang tidak boleh dimakan untuk mendukung kesehatan tubuh.

Melansir Times of India, berikut lima makanan umum yang harus dihindari untuk menjaga kekebalan tubuh kita tetap tinggi dan sehat.

Gula yang berlebihan

Membatasi konsumsi gula dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Pasalnya, makanan tinggi gula tambahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi protein inflamasi seperti tumor nekrosis alfa, protein C-reaktif dan interleukin-6, yang semuanya dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, gula darah tinggi dapat merusak fungsi bakteri usus, menyebabkan ketidakseimbangan, yang nantinya dapat memengaruhi respons kekebalan dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

Garam

Keripik kemasan, roti, dan makan malam beku penuh dengan garam. Terlalu banyak garam dalam tubuh dapat memicu peradangan dan meningkatkan risiko penyakit autoimun.

Garam dapat menghambat fungsi normal sistem kekebalan tubuh, menekan respons anti-inflamasi, dan mengubah bakteri usus. Jadi, yang terbaik adalah membatasi konsumsi garam harian Anda.

Makanan gorengan

Telah diketahui bahwa gorengan dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas, sementara obesitas adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung. Minyak goreng juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Untuk itu, mulai sekarang kurangi makanan yang digoreng ya, kentang goreng, keripik kentang, ayam goreng, dan makanan gorengan lainnya.

 Kafein berlebihan

Tingginya tingkat antioksidan dalam kopi dan teh menjadikannya sebagai minuman yang melindungi kesehatan. Tetapi jika terlalu banyak asupan kafein, itu dapat mengganggu tidur Anda, yang dapat meningkatkan respons peradangan dan mengganggu kekebalan.

Untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh, kurangi minuman berkafein tanpa nutrisi dan dibuat dengan gula dan pemanis buatan seperti soda atau minuman energi. Usahakan untuk tidak minum teh atau kopi enam jam sebelum Anda tidur agar tidur malam Anda berkualitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini