Perlu Dicoba! Selain Hangat, Berikut 5 Manfaat Memeluk Pasangan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berpelukan dalam kehidupan sehari-hari menjadi simbol nyata ungkapan rasa kasih sayang. Ini dianggap karena memeluk seseorang disebutkan dapat memahami perasaan lebih dalam, sehingga Anda saling mengerti satu sama lain.

Tapi, banyak yang tidak tahu kalau berpelukkan sebenarnya memberikan manfaat  yang lebih dari itu, bahkan bisa mendapatkan hal yang luar biasa.

Salah satunya sebuah studi pernah menunjukkan berpelukkan sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit, menghilangkan depresi, , kesepian, dan stres.

Berikut manfaat lebih yang bisa Anda dapatkan dengan berpelukkan.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Hubungan kasih sayang sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Sebab, perasaan hangat dari kasih sayang meningkatkan sistem saraf parasimpatis yang membantu untuk rileks.

Sebuah penelitian terhadap 60 pasangan menemukan tekanan darah mereka lebih rendah ketika mereka berinteraksi secara sosial dengan pasangan mereka daripada ketika sendiri atau berinteraksi dengan orang lain.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Psychological Science menyebutkan sentuhan dapat mengurangi kecemasan pada seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Sentuhan juga menghindarkan seseorang untuk mengurung diri mereka. Bahkan, menyentuh benda mati seperti boneka bisa mengurangi rasa takut.

Energi positif yang muncul akibat berpelukkan sangat dibutuhkan tubuh Anda untuk mengingkatkan kepercayaan diri. Saat kenyamanan timbul akibat berpelukkan, saat itulah Anda merasakan keamanan dan rasa perlindungan.

3. Hubungan Menjadi Lebih Harmonis

Berpelukkan dapat memancing tubuh melepaskan hormon oksitosin yang sangat bermanfaat untuk mendapatkan ketenangan. Semakin sering berpelukkan akan membuat pasangan saling memahami satu sama lain, tentu sangat dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan hubungan Anda

4. Melawan Stres

Saat berpelukan, menyentuh atau duduk dengan orang lain, zat kimia dalam tubuhmu meningkat. ini berkaitan dengan kebahagiaan dan mengurangi stress. Nih Record menyebutkan hormon ini memiliki efek yang kuat pada wanita.

Hasil riset dari Carnegie Mellon University AS yang melibatkan 404 orang menyebutkan mereka yang sering berpelukkan tingkat stresnya berkurang. Ini terjadi karena memeluk dapat meningkatkan dukungan sosial yang lebih besar.

5. Menyeimbangkan Sistem Saraf

Kulit manusia mengandung jaringan yang bisa merasakan sentuhan dan berkaitan langsung dengan otak melalui saraf vagus. Sistem saraf parasimpatik menjadi semakin seimbang dan dapat berfungsi dengan baik ketika tubuh seseorang mendapatkan sentuhan akiban pelukan. (Maropindra Bagas/R)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini