Perjalanan Karier dan Lika-Liku Cinta Song Hye Kyo

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Song Hye Kyo merupakan salah satu aktris papan atas Korea Selatan yang namanya mulai dikenal setelah bermain di drama berjudul ‘Autumn in My Heart’.

Disutradarai oleh Yoon Seok-ho, drama ini sukses besar dan dianggap sebagai pelopor dalam serial melodramatis Korea. Penampilan Song di sini, membuatnya mendapatkan banyak penghargaan serta membantunya mendapatkan popularitas.

Setelah bermain di ‘Autumn in My Heart’, ia muncul di sejumlah drama, di antaranya: ‘Full House’, ‘Worlds Within’ dan ‘That Winter, the Wind Blows’. Tak hanya akrab sebagai bintang drama, Song Hye Kyo juga tampil di beberapa film.

Penampilan pertamanya di layar lebar adalah ketika ia menjadi pemeran utama dalam film ‘My Girl and I’. Film yang disutradarai oleh Jeon Yun-su ini diangkat dari novel berjudul ‘Socrates in Love’. Karya film lainnya termasuk peran utama dalam film roman Cina ‘The Queens’. Disutradarai oleh Annie Yi, film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama.

Selain akting, dia juga terlibat dengan organisasi ‘Korea Animal Rights Advocates’. Song Hye Kyo dikenal sebagai seorang yang dermawan, di mana ia kerap menyumbang sebagian hartanya untuk beberapa tujuan sosial.

Masa kecil & kehidupan awal

Song Hye Kyo lahir pada 22 November 1981 di Korea Selatan, meskipun orang tuanya mendaftarkan tanggal lahirnya sebagai 26 Februari 1982. Saat lahir ia menderita penyakit yang membuat orang tua maupun dokternya merasa sulit untuk mengharapkan dia bertahan hidup. Orang tuanya bercerai ketika ia masih muda dan Song pun tumbuh dengan asuhan ibunya.

Sejak usia dini, Song Hye Kyo telah bermimpi menjadi seorang aktris. Pada usia 14 tahun, ia memenangkan juara pertama dalam Sunkyung Smart Model Contest. Ini membantunya menjadi model untuk perusahaan seragam sekolah.

Song Hye Kyo menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi dari Universitas Sejong dan  mendapatkan gelar dalam Seni Film. Setelah itu Song memulai karir akting penuh waktu.

Puncak karir

Karya penting pertama Song Hye Kyo di televisi adalah drama romantis Korea Selatan tahun 2000 ‘Autumn in My Heart’. Serial ini disutradarai oleh Yoon-Seok ho. Song memainkan peran sebagai salah satu pemain utama, acara tersebut dibintangi oleh beberapa aktor lain termasuk Song Seung-heon, Won Bin, Han Chae-young dan Han Na-na.

Acara ini tidak hanya mendapatkan popularitas besar, tetapi juga dianggap sebagai pelopor dalam serial melodramatis Korea. Song memenangkan tiga penghargaan untuk penampilannya dalam drama tersebut.

Pada 2007, Song Hye Kyo memainkan peran dalam film drama biografi berjudul ‘Hwang Jin Yi.’ Disutradarai oleh Chang Yoon-Hyun, film ini didasarkan pada novel 2002 pemenang penghargaan ‘Hwangjini‘ yang bercerita tentang pelacur terkenal bernama Hwang Jin-Yi. Aktor lain dalam film ini termasuk Yoo Ji-tae, Ryu Seung-ryong dan Youn Yuh-jung. Film ini memenangkan banyak penghargaan dan nominasi.

‘Descendants of the Sun’, adalah drama Korea Selatan terpopuler sepanjang tahun 2016 di mana Song menjadi pemeran utamanya. Disutradarai oleh Lee Eung-bok dan Baek Sang-hoon, drama ini mendapatkan popularitas besar, tidak hanya di Korea Selatan, tetapi juga di tingkat internasional.

Acara ini memenangkan banyak penghargaan, termasuk lima di Penghargaan Seni Baeksang ke-52, tiga di Penghargaan Drama Internasional Seoul ke-11, dan delapan di Penghargaan Drama KBS ke-30.

Penghargaan & Prestasi

Bakat akting briliannya, Song Hye Kyo telah memenangkan banyak penghargaan dan nominasi. Song memenangkan penghargaan Aktris Paling Populer (TV) di Baeksang Arts Awards ke-37 tahun 2001.

Tahun 2003, ia memenangkan Penghargaan Drama SBS untuk Penghargaan Keunggulan Terbaik (Aktris) untuk perannya dalam ‘All In.’ Tahun berikutnya ia menerima tiga Penghargaan Drama KBS untuk penampilannya di ‘Full House.’

Kemudian tahun 2016, ia memenangkan Daesang (Hadiah Utama)—penghargaan tertinggi—di KBS Drama Awards bersama lawan mainnya, Song Joong Ki.

Kehidupan Pribadi

Tahun 2003, Song Hye Kyo dikonfirmasi menjalin hubungan dengan aktor Lee Byung Hun. Namun, mereka putus pada tahun berikutnya.

Tahun 2009, Song Hye Kyo dikatakan berkencan dengan aktor Hyun Bin. Sayangnya, hubungan asmara keduanya berjalan singkat, pasangan itu dikabarkan putus pada awal 2011.

Pada Juli 2017, diumumkan bahwa Song Hye Kyo berkencan dengan aktor Song Joong Ki, lawan mainnya dalam drama ‘Descendants of the Sun’. Pasangan ini bahkan memutuskan menikah pada 31 Oktober 2017.

Namun, rumah tangga ‘Song-Song Coupe’ ini hanya bertahan seumur jagung. Pada 22 Juli 2020 keduanya memutuskan bercerai dengan alasan perbedaan kepribadian.

Reporter: Sheila Permatasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini