Perhatian! Ini Saran Makanan untuk Vegetarian Pemula

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjadi vegetarian tidak mudah. Supaya nggak kaget, baiknya mengonsumsi makanan-makanan berikut untuk pemula.

Pola makan vegetarian telah lama menjadi diet yang populer hingga saat ini. Manfaat menjalani pola makan vegetarian bervariasi, salah satunya baik untuk kesehatan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Namun, beberapa vegetarian terlalu bergantung pada makanan olahan. Makanan tersebut bisa saja tinggi kalori, gula, lemak, dan natrium. Diet dan nutrisi selama menjalani pola makan vegetarian juga harus seimbang. Kebutuhan makan buah, sayuran, biji-bijian, dan makanan kaya kalsium tetap harus terpenuhi. Jika tidak, nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi.

Selama menjalani vegetarian, diperlukan perencanaan makan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Kuncinya adalah menyadari kebutuhan nutrisi tubuh dan memenuhinya dalam setiap rencana makan.

Jika kamu vegetarian pemula, ada baiknya mengonsumsi makanan berikut:

  1. Buah
    Sebaiknya jangan hanya terpaku pada satu atau dua buah-buahan yang populer. Coba juga buah-buahan tropis seperti pepaya, buah naga, atau belimbing. Selain itu, coba pula buah melon atau buah yang banyak mengandung air, sebab buah ini dapat menghidrasi tubuh.
  2. Sayuran
    Jika kamu menyukai satu atau dua jenis sayuran, tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan sayuran lainnya. Misalnya kamu menyukai bayam atau kangkung, baurkan juga sayuran lobak, sawi, atau selada saat mengonsumsinya.
  3. Kacang-kacangan
    Ada banyak jenis kacang-kacangan yang perlu kamu ketahui sebagai vegetarian pemula. Ada kacang polong, kacang navy, lentil, kacang merah, almond, kenari, kedelai, kacang arab dan lainnya. Kacang-kacangan atau biji-bijian utuh lebih tinggi serat dan protein dibandingkan dengan yang olahan.
  4. Makanan Berprotein
    Protein tetap diperlukan selama menjalani pola makan vegetarian. Makanan berprotein membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, otot, dan organ tubuh. Telur dan produk susu adalah sumber protein yang baik, tapi kamu tidak perlu makan dalam jumlah besar. Kebutuhan protein juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini