Penting! Perhatikan 5 Tips Ini Saat Naik MRT Supaya Aman dan Nyaman

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Baru-baru ini publik dibuat geram oleh aksi sejumlah oknum penumpang MRT Jakarta yang tak tertib. Mereka bergelantungan di dalam gerbong, makan lesehan di stasiun hingga menginjak-injak kursi MRT.

Ulah semacam ini tentu saja tak patut dilakukan. Sebagai warga yang baik kita seharusnya bisa menjaga fasilitas umum yang ada. Jangan malah merusak atau mengotori.

Nah, buat kamu yang ingin naik MRT ada beberapa tips nih yang penting untuk diperhatikan demi ketertiban dan kenyamanan bersama. Simak langsung yuk!

Cocokkan Jadwal MRT

Tips pertama, sebelum menjajal naik MRT pastikan dulu jadwal keberangkatan kereta di Stasiun MRT yang akan kamu pilih. Dengan begitu, kamu bisa mencocokkan jam berapa kamu ingin mencoba naik MRT. Jadwal keberangkatan juga bisa kamu lihat di akun media sosial resmi MRT Jakarta.

Jika ingin menghindari kepadatan penumpang, sebaiknya pilih waktu di siang hari. Karena di saat jam-jam pulang dan berangkat kerja, kemungkinan akan lebih padat.

Perhatikan Antrean Penumpang

Ingat, biasakan budaya antre. Apalagi di stasiun MRT sudah dibuat garis antrean penumpang dengan warna mencolok, tepatnya di pinggir peron atau di pintu masuk otomatis menuju ke dalam kereta. Jadi, saat menunggu kereta datang penumpang diharuskan mengantre mengikuti garis penanda warna kuning. Sementara garis hijau diperuntukkan untuk penumpang yang turun terlebih dahulu dari kereta. Jalur ini dimaksudkan agar penumpang turun dan naik tidak saling dorong dan berebutan.

Satu lagi, jangan malas membaca petunjuk yang ada ya. Stasiun MRT sudah dilengkapi dengan fasilitas, fitur dan petunjuk yang komplit. Jadi, jika kamu kebingungan bisa membaca passenger information display atau papan informasi.

Perhatikan Kursi dan Ruang Prioritas

Di dalam kereta ada sejumlah kursi penumpang berwarna biru muda sebagai tempat duduk reguler, dan kursi prioritas yang berwarna biru tua. Kursi prioritas yang terdapat di setiap sudut kereta diperuntukkan bagi lansia, ibu hamil dan anak-anak. Ada juga sejumlah pegangan tangan di atas kursi yang memiliki warna berbeda-beda.

Pegangan atau hand strap pada ruang dan kursi prioritas tersebut berwarna kuning mencolok dan diposisikan lebih rendah dari hand strap reguler. Jadi kalau kamu bukan lansia, ibu hamil atau anak-anak, duduklah di kursi reguler ya!

Tak Ada Tempat Sampah dan Tempat Penyimpanan Tas

Seperti yang pernah disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta, William Sabandar saat konferensi pers MRT Jakara, beberapa waktu lalu bahwa MRT Jakarta tidak menyediakan tempat sampah dan tempat menaruh atau bagasi tas di bagian atas kursi.
William sendiri menegaskan bahwa pihak MRT memiliki alasan tersendiri mengenai hal itu. Soal tak adanya bagasi atau tempat menaruh tas, seperti yang ada di kereta commuter line atau kereta rel listrik (KRL), William mengatakan lantaran rute kereta MRT Jakarta hanya berjarak pendek atau hanya 16 kilometer saja.

Boleh Coba Tapi Jangan Merusak

Jika ingin coba naik MRT ini, pastikan kamu mengikuti aturan yang ada. Jangan makan minum di dalam kereta, jangan buang sampah sembarangan dan jangan merusak fasilitas yang ada, agar semua fasilitas yang sudah dibuat ini tetap bisa terawat dan digunakan dalam waktu yang lama.

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini