Pengendara Motor, Ini 4 Cara Merawat Kendaraan Anda agar Tetap Kinclong

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi pemilik kendaraan bermotor, kondisi mesin yang prima merupakan satu hal penting yang sangat diperhatikan. Fisik motor yang masih baik tentu menjadi suatu kebanggaan. Maka, untuk mewujudkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Kondisi cat yang masih bagus juga merupakan keuntungan tersendiri bagi pemilik kendaraan. Tidak hanya enak dipandang namun motor dengan kualitas cat yang masih baik cenderung mudah untuk dijual.

Meski demikian, merawat cat motor supaya tetap bagus bukanlah suatu perkara yang sulit. Terdapat 4 cara yang bisa dilakukan supaya motor tetap kinclong.

Pertama yaitu dengan rajin mencuci motor. Kotoran dari debu dan benda lainnya yang berasal dari jalanan bisa membuat kondisi cat semakin kusam. Kotoran yang dibiarkan menumpuk dalam jangka waktu tertentu bisa membentuk sebuah kerak.

Kerak inilah yang akan mengikis lapisan cat sedikit demi sedikit. Alhasil, cat motor akan berangsung-angsur memudar.

Kedua, pengendara diimbau menempatkan motor di tempat yang teduh. Mengingat, jika motor ditempatkan di lokasi yang panas dan langsung terkena matahari bisa mengakibatkan cat motor kusam dan belang.

Jika terpaksa harus menempatkan motor di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung, sebaiknya menggunakan penutup khusus motor yang sudah tersedia di pasaran.

Ketiga, motor juga sepatutunya mendapatkan treatmen khusus. Gunakan sampo khusus motor saat hendak mencucinya supaya kotoran bisa hilang dan cat teta[ terjaga. Bisa juga dengan menggunakan cairan atau pasta untuk merawat kilau dari cat motor. Meski demikian, penggunaan cairan pengkilap cat diimbau jangan terlalu sering karena bisa merusak.

Terakhir, yaitu dengan menghindari bahan kimia yang berbahaya. Sebaiknya Anda mengujinya terlebih dahulu dengan menggunakan sedikit bahan tersebut ke bagian motor yang tersembunyi. Apabila aman, Anda bisa mengaplikasikannya ke seluruh bodi motor. Namun jika bahan kimia membuat cat menjadi kusam, sebaiknya penggunaan dihentikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini