Penderita Hipertensi Bisa Tetap Jaga Asupan Makanan dengan Lakukan Diet DASH

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penderita hipertensi bisa tetap menjaga asupan makanannya sehari-hari dengan melakukan diet DASH. Mayo Clinic, Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) adalah rencana makan untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah tinggi. Diet ini menekankan pada makanan rendah natrium namun tinggi kalium, magnesium, kalsiun, dan nutrisi lainnya yang membantu menurunkan tekanan darah.

Adapun menu diet ini menggunakan banyak jenis makanan seperti sayuran, buah, susu rendah lemak, biji-bijian, ikan, daging unggas, dan kacang-kacangan.

Kemenkes juga merilis daftar bahan makanan yang dipebolehkan dalam diet DASH yaitu meliputi makanan berkarbohidrat seperti beras, ubi, mie, maizena, terigu dan gula pasir bisa dikonsumsi dalam porsi tertentu.

Diet ini juga memerlukan konsumsi kacang-kacangan atau olahan seperti tempe, tahu, dan oncom. Selain itu, asupan serta dari buah dan sayuran juga penting dalam menjalankan diet ini.

Margarin tanpa garam atau minyak goreng rendah lemak juga dianjurkan dalam menjalani proses diet ini. Bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, kencur, laos, salam, serai dan bahan alami lainnya juga bisa dibubuhkan.

Namun, satu hal yang juga penting adalah memastikan asupan garam dalam makanan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini