MATA INDONESIA, JAKARTA – Perusahaan perhotelan asal India, OYO menjalin kerja sama strategis dengan Microsoft untuk mengembangkan teknologi di industri pariwisata dan perhotelan masa depan.
Global COO & Chief Product Officer OYO Hotels & Homes Abhinav Sinha mengatakan bahwa lewat kerja sama tersebut, OYO akan memperluas dampak positif kepada pada bisnis hotel kecil dan menengah di seluruh dunia. Sementara Microsoft juga akan berinvestasi di OYO dalam bentuk ekuitas.
“Kami sangat senang dapat berinovasi bersama-sama dengan Microsoft, memimpin kemajuan teknologi masa depan untuk hotel kecil dan menengah, serta terus meningkatkan pengalaman menginap bagi para traveler,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu 12 September 2021.
Ia pun berharap kolaborasi OYO dengan Microsoft akan membantu memberikan kekuatan teknologi pada usaha kecil, bahkan di sudut-sudut terpencil di dunia.
“Melalui kolaborasi ini, hotel-hotel di jaringan kami akan mendapat manfaat dari menjadi bagian dari sistem yang terintegrasi, dengan akses ke teknologi teranyar untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan,” katanya.
Sementara President Microsoft India Anant Maheshwari mengungkapkan bahwa OYO akan mengadopsi layanan cloud computing Microsoft Azure, sebagai kunci mendorong inovasi berbasis cloud dan merevolusi industri perhotelan serta industri pariwisata berbasis teknologi.
“Kami berharap dapat mempercepat inovasi dalam industri perjalanan dan perhotelan,” ujarnya.
Selanjutnya Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya menjelaskan bahwa kerja sama tersebut bisa mendatang efek positif untuk bisnis OYO di tanah air. Menurutnya, mitra hotel OYO di Indonesia bisa mengakses teknologi terdepan untuk meningkatkan pelayanan, serta pengelolaan operasional dan pendapatan yang lebih baik.
“Salah satunya melalui teknologi berbasi cloud yang difasilitasi Microsoft Azure yang didukung keamanan dan skalabilitas tingkat tinggi,” katanya.
Asal tahu saja, dengan kerja sama ini, OYO akan mengembangkan pengalaman Smart Room untuk para traveler, seperti kontrol suara dalam kamar yang premium dan terpersonalisasi.
Layanan Microsoft Speech dan AI, Smart Room ini juga akan mencakup check-in mandiri yang didukung sistem kedatangan dan keberangkatan digital, sistem identifikasi Know-Your-Customer (KYC) mandiri, smart key untuk ruangan hotel yang dikelola menggunakan Internet of Things (IoT), dan asisten virtual.
Selain itu, OYO juga segera melakukan migrasi beban kerja ke platform Microsoft Azure, mengadopsi Microsoft Suite 365 untuk kolaborasi dan produktivitas kerja yang lebih baik, dan beralih ke Github Enterprise untuk mempercepat pengembangan teknologi dengan aman.