Operasi Plastik untuk Memenuhi Tren Standar Kecantikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Zaman sekarang penampilan menjadi hal yang utama khususnya bagi para wanita yang baru menginjak di usia dewasa. Di usia dewasa merupakan masa-masa transisi. Maksudnya di masa itu ada penyesuaian diri terhadap fisik yang telah berubah sejak pubertas.

Banyaknya permasalahan yang dirasakan terkait penyesuaian diri di usia dewasa ini, hingga di masa itu banyak kekhawatiran. Rasa kekhawatiran itu tak lain seperti dapat menerima dirinya sendiri, maupun dapat diterima orang lain.

Karena rasa kekhawatiran itu, penampilan yang cantik dan menarik menjadi hal penting untuk dapat diterima di lingkungan sosial.

Media sosial menjadi tempat mempromosikan nilai-nilai kecantikan, hingga mempengaruhi individu dalam menentukan standar penampilan yang menarik bagi masyarakat. Kemudian media sosial juga menjadi tempat pencitraan diri untuk membuat wanita tampil menarik. Hal tersebut  semata-mata hanya untuk mendapat pujian dari publik.

Standar kecantikan Indonesia saat ini yaitu, memiliki kulit tanpa noda, alis tebal, bibir berwarna cerah, muka tirus, hidung mancung, dan memiliki lekukan tubuh. Karena adanya standar kecantikan yang para wanita tanamkan dalam pikiran alam bawah sadar mereka, membuat para wanita harus memenuhi standar kecantikan tersebut.

Untuk dapat memenuhi standar kecantikan itu, para wanita mengupayakan berbagai cara untuk dapat memenuhinya. Berbagai macam cara seperti operasi plastik dan tanam benang.

Operasi plastik awalnya dipergunakan untuk rekonstruksi cacat, ataupun kekurangan fungsional fisik pasien karena penyakit bawaan, maupun karena cedera. Namun seiring berjalannya waktu, operasi plastik dipergunakan untuk mengubah bentuk fisik yang kurang sempurna untuk memenuhi standar kecantikan.

Operasi Plastik untuk Memperindah Tampilan

Survei yang dilakukan oleh Amerivan Academy of Plastic Facial and Reconstructive Surgery (AAFPRS) ada sekitar 40% dokter bedah plastik menyatakan, pasien melakukan operasi plastik semata-mata agar terlihat sempurna dan pantas diunggah di media sosial.

Bagian tubuh yang sering di operasi plastik adalah mata, sedot lemak, dan hidung. Bagian tubuh tersebut adalah bagian tubuh yang paling terlihat. Untuk itu banyak individu yang melakukan operasi plastik di bagian tubuh tersebut.

Operasi plastik yang dilakukan pada bagian mata biasanya untuk menarik mata agar tidak menurun maupun membuat lipatan mata. Untuk sedot lemak biasanya pada bagian pipi dan rahang agar terlihat lebih tirus.

Lalu pada bagian hidung, operasi dilakukan untuk memancungkan hidung. Hal tersebut dilakukan karena penampilan fisik merupakan hal yang paling utama bagi mereka.

Karena penampilan fisik saat ini menjadikan hal yang paling utama, mereka tak keberatan untuk mengeluarkan biaya yang mahal. Bahkan mereka juga tak keberatan dengan risiko kesehatan yang akan diterima. Hal tersebut dilakukan agar mereka dapat mengukuhkan eksistensi agar tubuh mereka sesuai dengan tren standar kecantikan.

Reporter : Indah Suci Raudlah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini