Moms, Ini Tanda Long Covid-19 pada Anak dan Cara Mengatasinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah dinyatakan sembuh dan negatif dari COVID-19, anak-anak juga rentan mengalami gejala long COVID-19.

Gejala yang dialami pun bisa dirasakan dalam durasi waktu yang cukup panjang, bisa sampai berminggu-minggu atau bahkan bulanan. Untuk itu, kenali lebih banyak mengenai gejala long COVID-19 pada anak agar moms dapat mengatasi kondisi ini dengan baik.

Long COVID-19 atau yang dikenal juga sebagai long haul adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang ketika mengalami gejala COVID-19, meskipun sudah dinyatakan sembuh. Meskipun hampir serupa dengan gejala COVID-19, tetapi kondisi long COVID-19 nyatanya sudah tidak menular dan dirasakan lebih panjang dibandingkan gejala COVID-19.

Dikutip dari Halodoc, Kamis 1 Juli 2021, sebuah penelitian yang tertulis pada UC Davis Health, mengatakan 1 dari 4 orang penyintas COVID-19 mengalami gejala long COVID-19 cukup panjang. Penelitian ini juga mengatakan bahwa anak-anak dan remaja penyintas COVID-19 juga dapat merasakan hal yang serupa.

Bahkan, anak-anak yang memiliki gejala ringan dan tidak terlalu parah saat terinfeksi COVID-19 bisa mengalami kondisi long COVID-19 yang lebih buruk. Agar kondisi ini dapat ditngani dengan baik, sebaiknya ketahui beberapa gejala long COVID-19 pada anak.

Beberapa gejala long COVID-19 pada anak adalah sebagai berikut:

1. Kelelahan terus-menerus
2. Kesulitan berkonsentrasi
3. Napas yang menjadi lebih pendek
4. Batuk
5. Nyeri otot
6. Perubahan suasana hati
7. Mual
8. Masalah pencernaan
9. Pusing
10.Ruam
11.Depresi
12.Demam

Tentunya, saat anak mengalami kondisi long COVID-19 ada berbagai macam hal yang bisa ibu lakukan untuk melakukan penanganan terhadap kondisi ini. Salah satunya adalah penanganan medis.

Namun, umumnya pemberian obat penurunan demam, anti bakteri, dan pemberian obat sesuai dengan kondisi kesehatan anak dilakukan untuk mengatasi gejala long COVID-19. Bukan hanya penanganan melalui tindakan medis. Hal yang tidak kalah penting agar dilakukan ibu dalam menangani kondisi long COVID-19 pada anak adalah melakukan manajemen diri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini