Minum Kopi Pahit Redakankan Flu dan Sakit Kepala, Benarkah?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kopi, minuman hitam yang beraroma khas ini memang selalu menjadi primadona di daerah manapun di Indonesia. Selain nikmat, ternyata banyak manfaat dari mengkonsumsi kopi setiap hari.

Ada yang beranggapan jika minum kopi dapat menyembuhkan flu dan sakit kepala. Benarkah hal tersebut? Berbagai penelitian memang menunjukkan bahwa kopi mengandung antioksidan yang bagus untuk daya tahan tubuh. Infeksi flu disebabkan oleh virus, yang hanya bisa sembuh dengan sistem imun yang baik.

Dalam praktiknya, cukup manjurkah antioksidan dalam kopi dalam mengatasi flu? Pakar infeksi dari RSPI Puri Indah, dr Ronald Irwanto, SpPD-KPTI, mengatakan bahwa hal tersebut sebenarnya kurang tepat.

“Secara ilmu kedokteran kurang tepat ya. Penyakit flu sendiri disebabkan oleh virus dan akan sembuh sendiri, nggak usah pakai kopi-kopian atau air putih-putihan itu akan sembuh sendiri,” ujarnya.

Menurut dr Ronald, meminum kopi panas tidak menyembuhkan flu, tetapi menambahkan kenikmatan karena diminum selagi panas. Namun perlu diperhatikan, bagi meminum kopi juga bisa memberikan efek samping bagi orang yang tidak biasa mengonsumsinya.

“Minum kopi juga ada efek samping. Kalau kita minum kopi terus kita nggak tahan timbul jantung berdebar-debar terus nggak bisa tidur, itu sering terjadi,” katanya.

Jadi, meminum kopi pahit panas belum terbukti menyembuhkan flu dan sakit kepala. Tapi terbukti memang nikmat bagi yang suka. 

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini