Milenial Wajib Tahu! Begini Tips Aman Sebelum Menyicil Barang

Baca Juga

MATA INDOENSIA, JAKARTA – Di era serba digital, kekuatan e-commerce sebagai platform belanja online semakin menjamur. Fitur-fitur yang mereka tawarkan makin beragam dan memberi kemudahan untuk pelanggannya.

Termasuk soal pembayaran. Kini, banyak aplikasi e-commerce yang mulai membuka fitur bayar nanti atau dengan cicilan.

Dengan penawaran tersebut, tentu masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan. Mulai dari gadget, elektronik, dan sebagainya.

Sayangnya, metode itu kerap kali membuat seseorang terlena. Hal itu bisa membuat mereka kalap membeli banyak barang walau sebenarnya gak perlu-perlu amat.

Untuk itu, kamu perlu pikirkan matang-matang sebelum memutuskan menyicil sebuah barang. Biar dompet kamu tetap aman, yuk simak tips aman sebelum memberi barang dengan metode cicilan!

1. Kenali Jenis Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengenali jenis kebutuhanmu. Kamu harus bisa membedakan barang apa yang kamu perlukan, bukan diinginkan.

Tak sampai disitu, kamu pun perlu mempertimbangkan tingkat kebutuhannya. Misalnya, kamu memerlukan laptop baru. Kamu bisa pertimbangkan jenis dan kemampuan laptop yang kamu butuhkan.

Jika hanya perlu laptop dengan spesifikasi yang biasa, kamu jadi bisa berhemat. Cicilan yang kamu keluarkan pun juga jadi lebih ringan.

2. Pikirkan Batas Kemampuan

Gak cuma asal pilih barang, kamu juga harus memikirkan batas kemampuan keuanganmu. Biar cicilan kamu gak jadi beban, pilihlah barang dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, kamu juga harus pikirkan jumlah pendapatan yang didapat. Jangan sampai, uang kamu hanya habis untuk membayar cicilan saja.

3. Pertimbangkan Jangka Waktu Cicilan

Biasanya, saat hendak menyicil suatu barang, kamu akan diberikan opsi berapa lama waktu yang akan diambil. Semakin lama waktunya, maka semakin rendah cicilannya.

Nah, pemilihan jangka waktu tersebut perlu kamu pertimbangkan. Jika ingin mengambil jangka waktu yang cepat, pikirkan dulu apakah pendapatanmu cukup atau tidak.

4. Pikirkan Bunganya

Satu lagi yang harus diperhatikan sebelum menyicil barang ialah memikirkan bunganya. Bukan rahasia lagi barang yang dibeli dengan cara dicicil akan sedikit lebih mahal daripada dibeli tunai.

Jika dihitung bunganya cukup besar, kamu bisa pikir-pikir dulu. Ada baiknya kamu lebih bersabar untuk menabung agar bisa membeli barang tersebut secara cash.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini