Mi Ayam Rujak di Yogya, Potongan Buah hingga Campuran Bumbu Rujak

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Penggemar mi ayam harus mencoba salah satu menu unik yang tersedia di Warung Damkar.

Lokasinya cukup mudah ditemukan. Berada tepat di depan Markas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bantul, Jalan KH Wahid Hasyim, Palbapang, Bantul. Warung ini buka setiap hari, sejak pukul 09.00 WIB dan biasanya dagangan ludes sekitar pukul 16.00 WIB.

Menu unik di warung ini adalah mi ayam rujak. Buah segar umumnya menjadi topping pizza seperti varian Hawaiian Pizza. Tapi pernahkah mencoba buah segar sebagai  toping olahan mi ayam?. Bukan hanya buah segar biasa, tapi dengan tambahan bumbu rujak.

Penjaga Warung Damkar, Widodo menjelaskan menu nyeleneh ini merupakan buah pikiran pemiliknya. Ndari Iswanti. Suatu ketika ingin mencoba variasi menu unik.

“Waktu juragan lagi beli rujak. Rujaknya tumpahin di mi ayam, terus aduk,” ujarnya, Minggu 3 Juli 2022.

Mi ayam dan rujak yang bercampur menimbulkan cita rasa yang unik. Selain itu, perpaduan rujak dan mi ayam terasa pas oleh lidah Ndari.

“Ya karena enak. Akhirnya jualan. Dan jadi salah satu menu andalan kami,” katanya. .

Menu Mi Ayam Rujak sudah mengalami modifikasi. Jadi rujak yang menjadi toping mi ayam bukan seperti rujak di warung kebanyakan. Buah utamanya adalah jeruk bali. Kemudian tambah buah dengan cita rasa asam lainnya, seperti kedondong, nanas, dan mangga. Sebagai pelengkap, ada bengkuang dan pepaya.

Sementara untuk olahan mi ayamnya, cenderung sama dengan mi ayam kebanyakan. Warung Damkar menggunakan mi basah dengan tekstur mi tebal. Widodo menjelaskan, bahwa mi-nya  merupakan mi dari pedagang langganannya.

Mi ayam juga ada sawi dan potongan daun bawang. Yang bisa disebut spesial adalah potongan daging yang tebal dan besar serta adanya taburan bawang goreng.

Untuk rasa, aslinya mi ayam ini cenderung manis. Sebab menggunakan bumbu rujak yang terbuat dari gula jawa dan penggunaan buah. Aroma dan rasa terasi pun turut hadir.

Sementara kuah dari mi ayam segar dan gurih. Selayaknya warung mi ayam lain, Warung Damkar turut menyediakan sambal, untuk menambal cita rasa pedas pada hidangan Mi Ayam Rujak.

Selain Mi Ayam Rujak, Warung Damkar juga menyediakan menu lain, seperti tongseng ayam kampung, bakso urat, bakwan kawi, dan ayam geprek. Harga menu per porsi mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 15 ribu. Murah kan?

Reporter: M Fauzul Abraar 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini