Merasa Lemah Setelah Pulih dari COVID-19? Lakukan Hal Ini!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sekali lagi, pandemi virus corona telah mendatangkan malapetaka bagi umat manusia. Sejak ditetapkan sebagai pandemi global, COVID-19 telah merenggut 3,1 juta jiwa di seluruh dunia.

Kendati demikian, Anda tak perlu terlalu khawatir, cukup waspada dan jalani protokol kesehatan, yakni: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Selain itu, apabila ternyata di kemudian hari Anda terinfeksi COVID-19, Anda dapat melakukan isolasi mandiri di rumah tanpa perlu ke rumah sakit rujukan. Sebagai catatan, apabila Anda tidak mengalami gejala serius dan tidak memiliki penyakit bawaan.

Lebih lanjut, Anda juga perlu untuk berkonsultasi kepada dokter, berolahraga, dan konsumsi makanan sehat. Masalah lain kemudian muncul setelah Anda dinyatakan sembuh dari COVID-19 yaitu lemah.

Pasien dengan gejala COVID-19 ringan membutuhkan waktu sekitar dua pekan untuk pulih, sementara pasien dengan infeksi sedang dan berat membutuhkan waktu sekitar empat pekan untuk pulih.

Namun, setelah sembuh dari COVID-19, sistem imunitas mengalami penurunan sehingga mereka yang sembuh dari virus corona mengalami lemah dan lemas. Dalam situasi seperti itu, orang harus menjaga hal-hal dasar seperti makan sehat dan menjaga diri terhidrasi agar pulih lebih cepat.

Jika Anda adalah seseorang yang sudah sembuh dari infeksi virus corona atau jika ada anggota keluarga Anda yang sudah sembuh, berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan yang terkait dengan infeksi virus corona, seperti dilansir Times of India.

Konsumsi buah-buahan
Pastikan untuk memulai hari Anda dengan sepiring buah-buahan segar seperti delima, jeruk, apel, dan pepaya. Anda juga bisa memasukkan buah lain pilihan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba minum jus buah, yang bisa membantu menghilangkan kelemahan. Jika memungkinkan, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan di pagi hari dan jus buah di malam hari untuk meningkatkan kembali stamina.

Minum susu hangat
Minumlah susu hangat dengan kunyit sebelum tidur malam. Susu membantu memperkuat tulang dan menghilangkan kelemahan dari tubuh.

Konsumsi sayur-sayuran
Mengkonsumsi sayur mayur sangatlah penting bagi tubuh. Seseorang harus makan berbagai jenis sayuran selama makan siang dan makan malam. Anda juga bisa minum jus sayuran yang meliputi bayam, wortel, tomat, serta jus buah bit. Ini kaya akan mineral dan vitamin, yang akan membuat Anda merasa energik.

Konsumsi protein dan makanan kaya antioksidan
Mengkonsumsi makanan kaya protein penting untuk pemulihan yang sehat dan cepat. Makanlah makanan yang mudah dicerna agar tubuh yang lemah tidak harus bekerja keras mencerna makanan.

Hal-hal lain yang perlu diingat

Multivitamin
Tetap konsumsi multivitamin dan vitamin C sesuai anjuran dokter. Jangan hentikan pengobatan hanya karena Anda telah terbukti negatif COVID-19. Memiliki multivitamin secara teratur dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Tetap terhidrasi
Sangat penting untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi dengan baik. Selain air, Anda juga bisa minum air kelapa, dan aneka jus buah lainnya. Sehingga Anda takkan merasakan lemah usai pulih dari infeksi virus corona.

Jaga jarak
Bahkan setelah Anda dinyatakan pulih, tetap periksa kadar oksigen Anda dan jaga jarak dari anggota keluarga Anda selama beberapa hari. Tetap kenakan masker di rumah dan istirahat setidaknya 10 hari setelah laporan Anda negatif.

Lakukan senam paru-paru
Sangat penting bagi Anda untuk melakukan senam paru-paru setelah pulih dari COVID untuk memperkuat paru-paru Anda. Dari latihan pernapasan yoga sederhana hingga meniup lilin dan menggunakan spirometer, seseorang dapat memilih dari berbagai latihan penguatan paru-paru.

Tetap positif
Anda adalah seorang pejuang dan telah berjuang melawan infeksi virus yang mematikan. Tetapi terkadang, bahkan setelah pemulihan, Anda mungkin merasa cemas, tertekan, atau trauma tentang apa yang telah terjadi. Untuk menjaga kesehatan mental Anda, pastikan untuk bermeditasi dan melakukan hal-hal yang Anda sukai untuk menjaga diri Anda tetap positif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini