Mengenal Myeloma, Berbeda dengan Jenis Kanker Lainnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kanker Myeloma berbeda dengan kanker pada umumnya. Jenis kanker ini tidak memiliki gejala seperti benjolan atau tumor.

Sebagian besar medis mengatakan jenis kanker karena adanya penumpukan sel plasma abnormal yang terletak di sumsum tulang. Selain itu juga adanya para protein di dalam tubuh.

Sebetulnya kenker ini terbagi dalam tiga tipe umum. Yaitu leukimia, limfoma dan myeloma. Jenis myeloma ini sebutannya adalah multiple myeloma yang menyerang sel plasma darah.

Sel plasma tersebut di dalam darah menghasilkan antibody (atau immunoglobulin). Antibodi ini yang membantu menyerang dan membunuh kuman, bakteri dan virus yang di dalam tubuh penderita penyakit ini.

Biasanya penyakit ini dialami oleh kalangan lanjut usia di atas 65 tahun. Akan tetapi mengutip dari myelomaUk sudah ada diagnosis penyakit ini juga bisa menimpa kalangan yang berumur 20 tahun.

Myeloma biasanya aktif pada orang dewasa yang mempengaruhi sumsung tulang. Seperti di tulang belakang, tengkorak, panggul, tulang rusuk, tulang lengan serta kaki dan daerah di sekitar bahu maupun pinggul.

Selain itu penyakit ini bisa menyebabkan gejala dalam tubuh seperti rendahnya jumlah sel darah, gangguan tulang serta kalsium, infeksi dan gangguan ginjal. Hal ini bisa terjadi karena kanker myeloma mempengaruhi sistem imun.

Ada pula gejala lainnya seperti anemia, kerusakan ginjal, hyperkalsemia (kebanyakan kalsium), kerusakan saraf, timbul luka di kulit, dan lainnya.

Reporter: Azzura Tunisya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini