Mengenal Kanker Limfoma, Penyakit Langka yang Diidap Ari Lasso

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Musisi papan atas Ari Lasso baru-baru ini mengejutkan khalayak. Dia didiagnosis mengidap penyakit kanker ganas dan langka.

Ari Lasso mengaku dirinya terkena kanker limfoma stadium 2. Dia menderita jenis limfoma non-Hodgkin (NHL), atau lebih tepatnya Diffuse Large B-Cell Lymphoma (DLBCL). Awal mulanya, Ari merasakan sakit di bagian perut. Rasa sakit pada perut seperti tertusuk-tusuk tersebut dirasa semakin intens dari waktu ke waktu.

Apa itu kanker limfoma DLBCL?
Diffuse Large B-Cell Lymphoma adalah kanker yang menyerang salah satu jenis sel darah putih, limfosit. Biasanya tumbuh di kelenjar getah bening, kelenjar yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh seukuran kacang polong di leher, selangkangan, ketiak, dan di tempat lain.

Apa penyebabnya?
Penyebab dari kanker limfoma DLCBL belum diketahui secara pasti. Tetapi, para dokter memperkirakan adanya beberapa faktor yang membuat seseorang bisa mengalami kondisi ini, yaitu:

  1. Berusia lanjut atau rata-rata pada usia 64 tahun.
  2. Pria
  3. Memiliki penyakit autoimun, yaitu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  4. Kebanyakan bukan orang Asia atau Afrika
  5. Pernah terpapar radiasi tinggi, misalnya saat kemoterapi

Apa saja gejala yang ditimbulkan?
Penderita DLBCL umumnya memiliki semacam benjolan pada bagian selangkangan, ketiak atau leher. Benjolan ini cenderung akan tumbuh lebih cepat dan sedikit menimbulkan rasa sakit. Namun, sekitar 4 dari 10 orang penderita DLBCL benjolan muncul pada area lain, contohnya pada perut dan usus.

Adapun gejala lain yang akan muncul ketika menderita penyakit DLBCL ini, yaitu tubuh demam, keringat muncul dalam jumlah banyak pada malam hari, penurunan berat badan, nyeri seperti ditekan pada bagian dada atau perut, sesak napas hingga muncul rasa gatal.

Bagaimana cara menghindari penyakit DLBCL?
Agar kita terhindar dari kanker, maka harus perbanyak makan-makanan bergizi, melakukan olahraga secara teratur, jauhi stres, dan usahakan untuk istirahat yang cukup setiap harinya.

Adapun kita juga harus menjaga pola makan, hindari makanan yang mengandung karsogenik seperti makanan yang dibakar, berpengawet dan makanan cepat saji.

Reporter: Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kendaraan Dinas dan Non Dinas Kodim 0732/ Sleman, di Razia Denpom IV/ Yogyakarta.

Mata Indonesia, Sleman - Ratusan kendaraan dinas non dinas, baik itu roda dua maupun roda empat yang dipakai oleh anggota Kodim 0732/ Kabupaten Sleman dicek kondisi fisik serta kelengkapan surat - suratnya oleh Denpom IV/2 Yogyakarta pada hari Senin." Operasi ini di lakukan di halaman Makodim 0732/ Sleman pada tanggal (1/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini