Masuk Musim Hujan, Berikut Makanan Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di musim penghujan, daya tahan tubuh manusia biasanya juga ikut menurun dan rentan terkena penyakit. Ini disebabkan karena virus dan bakteri yang mudah berkembang biak di musim tersebut.

Selain istirahat yang cukup, penting bagi kita mengkomsumsi makanan yang menjaga bergizi untuk mejaga daya tahan tubuh. Dikutip melalui channel Youtube Media Tekno berikut makanan sehat yang baik dikonsumsi pada musim hujan:

1. Bawang Putih

Mengkomsumsi bawang putih disaat musim hujan dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Bawang putih mengandung senyawa senyawa antidioksidan yang diketahui dapat menagkal sejumlah virus dan bakteri. Khasiat bawang putih lebih bagus apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah.

2. Jahe

Jahe dikenal sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Meminum ramuan jahe dapat menghangatkan tubuh pada musim hujan. Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, radang tenggorokan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Ubi Ungu

Ubi ungu kaya nutrisi dan serat dan juga bermanfaat untuk anti kanker, anti radang dan menurunkan darah tinggi. Karena diketahui unbi ungu mengandung antisiani yang tinggi yang baik untuk dimakan saat sakit.

4. Yogurt

Probiotik, kultur bakteri sehat yang terdapat di dalam yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Bakteri lactobacillus reuti di dalam yogurt terbukti dapat menstimulasi sel darah putih. Yogurt diperkaya vitamin D sehingga tubuh tidak mudah rentan terkena pilek dan flu.

5. Sup Hangat

Semangkuk sup panas adalah makan yang lazim kala musim hujan. Sup hangat berfungsi untuk membuat tubuh mudah berkeringat dan suhu tubuh terasa hangat, sehingga mampu menagkal hawa dingin. Tak hanya menghangatkan tubuh, sup yang berisi sayur-sayuran dan daging juga mampu menambah stamina pada musim hujan.

6. Minyak Zaitun

Jenis minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk jantung. Selain itu, minyak zaitun juga sangat tinggi kandungan antioksidannya hingga mampu menunjang tubuh agar menjadi selalu sehat.

Reporter: Gilang Permata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini