Mantap, Ini Daftar 13 Kota di Indonesia yang Dapat 5G pada 2023

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada daftar 13 wilayah yang bakal mendapatkan jaringan 5G pertama di Indonesia. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2020-2024.

Dala  aturan itu disampaikan bahwa 5G akan diterapkan di 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa, 5 destinasi wisata super prioritas, Ibu Kota Negara, dan 1 industri manufaktur. 11 lokasi ini ditargetkan sudah terkoneksi 5G pada tahun 2023, yaitu 6 ibu kota provinsi di Pulau Jawa dan 5 destinasi wisata super prioritas.

Adapun 6 ibu kota provinsi di Pulau Jawa yang bakal memiliki jaringan 5G adalah Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Sementara 5 destinasi wisata super prioritas yang memiliki 5G meliputi Borobudur, Danau Toba, Likupang, Labuhan Bajo, dan Mandalika. Sementara lokasi satu industri manufaktur yang ditargetkan belum diketahui secara pasti.

Jika tidak ada perubahan kebijakan dari Presiden RI terkait dengan timeline rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) , jaringan serat optic dan layanan mobile seluler 4G bakal ter-cover 100 persen. Maka pengimplementasian teknologi 5G pada tahun 2024 siap dilakukan.

“Untuk mewujudkannya, kebijakan yang perlu dilakukan Kemkominfo adalah menyediakan infrastruktur jaringan broadband yang memadai, yang dapat mendukung implementasi teknologi 5G untuk seluruh wilayah IKN,” kata Kemkominfo.

Selain itu, Kemkominfo juga berharap bisa melakukan kerja sama dan perencanaan bersama dengan seluruh pemangku kepentingan lainnya agar ada kepastian hukum pada masing-masing sektor.

Uji coba teknologi 5G pun diklaim telah dilakukan Kemkominfo sejak tahun 2017. Maka, total terselanggara sekitar 10 kali uji coba, mulai dari coba skala indoor sampai dengan uji coba outdoor yang diduga melibatkan jaringan aktif secara end-to-end.

Dengan hadirnya layanan 5G di Indonesia, sejumlah potensi besar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan nasional, salah satunya mendukung pencapaian 5 prioritas kerja Presiden dan Wakil Presiden.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini