Malu! Firdaus Oiwobo Ngaku Cicit Sultan, Keluarga Asli Keturunan Sultan: Bukan Bagian Keluarga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Firdaus Oiwobo tengah ramai dibahas usai melontarkan pengakuan bahwa ia keturunan Kesultanan Bima atau tepatnya cicit dari salah seorang Sultan Bima, bernama Sultan Ismail.

Firdaus Oiwobo juga beberpa waktu lalu didaulat untuk menjadi Panglima Salatin yang berfungsi sebagai penjaga para Sultan, yang akan melaporkan Raffi Ahmad dan Andre Taulany yang menyabet gelar sultan karena harta kekayaannya.

Mendengar hal itu, salah seorang cucu terakhir Sultan Bima, M. Salahuddin yang juga Anggota Majelis Adat Kesultanan Bima berikan klarifikasi.

Dewi Ratna Muchlisa menegaskan bahwa Firdaus Oiwobo tidak termasuk dalam anggota keluarga Kesultanan Bima.

“Jadi, saya tidak mengenal yang bernama Pak Firdaus dan bukan anggota dari keluarga kami,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa nama Firdaus Oiwobo tidak ada di dalam naskah silsilah keluarga kesultanan. Dewi menambahkan, banyak anggota Raja Sultan yang mempertanyakan siapa Firdaus sebenarnya.

“Dalam naskah-naskah Bima, dan silsilah yang ada dalam museum Kebudayaan Taparaja itu tidak ada sama sekali menyebut-nyebut tentang Sultan Ismail yang menikah dengan orang yang menurut Pak Firdaus dari Deli Serdang,” ungkapnya.

“Saya juga banyak mendapatkan pertanyaan grup Raja Sultan se-Nusantara antara lain Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara, terdiri dari 48 kerajaan di Nusantara. Itu bertanya ‘Ini (Firdaus Oiwobo) siapa?’ saya bilang tidak mengenal dan bukan bagian dari keluarga,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini