Makan Cokelat Hitam saat PMS Bisa Hilangkan Rasa Nyeri?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kondisi PMS (premenstrual syndrome) sering dirasakan wanita. Lantas, apakah rasa nyei dan gejala lainnya bisa berkurang dengan makan cokelat?

Kondisi PMS ini bisa terjadi dalam waktu singkat, tetapi bisa juga dalam beberapa hari dan gejalanya berbeda pada setiap perempuan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat PMS adalah mengonsumsi cokelat. Katanya, makanan satu ini punya banyak manfaat untuk para perempuan yang sedang mengalami PMS. Benarkah demikian?

Bisa iya, bisa tidak. Ketika sedang PMS, otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk mengonsumsi makanan tertentu guna mengurangi rasa nyeri, termasuk cokelat. Makanan satu ini memang punya efek menenangkan.

Tapi, bukan cokelat yang membuat gejala PMS ini teratasi, melainkan kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti karbohidrat, gula, kalsium, dan lainnya. Jadi, dibandingkan dengan cokelat, kamu justru bisa memilih banyak varian makanan atau camilan sehat lainnya.

Keinginan dari tubuh untuk mengonsumsi cokelat biasanya terasa pada siklus awal menstruasi, yaitu saat terjadi peningkatan kadar hormon di dalam tubuh. Hormon ini akan memicu kenaikan insulin yang mengakibatkan penurunan kadar gula darah. Akhirnya, tubuh selalu ingin mengonsumsi cokelat.

Namun, cokelat juga memiliki kandungan senyawa theobromine yang sering memicu munculnya rasa nyeri dan tidak nyaman. Kalau mau lebih spesifik, cokelat yang memiliki kandungan banyak gula atau rasa yang lebih manis bisa mengakibatkan kamu merasa lebih emosional.

Dikutip dari Halodoc, kalau kamu ingin konsumsi cokelat sebagai pereda nyeri menstruasi, pilih cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao hingga 70 persen. Coklat hitam dipercaya mampu membantu merilekskan otot tubuh karena memiliki kandungan omega-3, omega-6, magnesium, dan asam lemak.

Semua kandungan tersebut juga disinyalir mampu membantu memperbaiki suasana hati tanpa harus takut gula darah akan meningkat. Selain itu, konsumsi cokelat hitam katanya juga bisa membuat seseorang memiliki umur panjang, lho.

Konsumsi cokelat hitam bisa membantu memperbaiki suasana hati yang tidak karuan karena efek PMS setidaknya selama 3 menit. Meski begitu, tetap saja kamu tidak boleh mengonsumsi makanan ini secara berlebihan. Sebaiknya, gantilah dengan makanan lain yang lebih menyehatkan tubuh. Banyak kok, makanan sehat yang bisa membantu memperbaiki suasana hati dan meringankan gejala PMS selain cokelat hitam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini