Lagi, Bieber Diminta Batalkan Konser, Kali Ini di Arab Saudi

Baca Juga

MATA INDONESIA, RIYADH – Bintang pop asal Kanada, Justin Bieber diminta untuk membatakan konsernya di Arab Saudi yang akan berlangsung pada 5 Desember. Imbauan ini diungkapkan oleh mantan tunangan kritikus kerajaan, Kamal Khashoggi

Dalam sebuah surat terbuka yang diterbitkan oleh Washington Post, perempuan bernama Hatice Cengiz itu mendesak sang megabintang untuk membatalkan konsernya di Kota Jeddah.

“Untuk mengirim pesan yang kuat kepada dunia bahwa nama dan bakat Anda tidak akan digunakan untuk memulihkan reputasi rezim yang membunuh para pengkritiknya,” demikian bunyi surat Cengiz, melansir cbc.ca, Senin, 22 November 2021.

Bieber termasuk di antara sekelompok artis yang dijadwalkan tampil saat Arab Saudi menjadi tuan rumah Formula One (F1) Saudi Arabian Grand Prix di Jeddah, bersama rapper A$AP Rocky, DJ David Guetta dan Tiesto, serta penyanyi Jason Derulo.

Ini bukan pertama kalinya seorang bintang pop menghadapi tekanan untuk mundur dari konser di Arab Saudi. Mariah Carey sempat mendapat tekanan serupa, namun ia menepis seruan untuk memboikot pertunjukan tersebut.

Tekanan publik telah mendorong Nicki Minaj pada 2019 untuk membatalkan penampilannya di atas panggung di sebuah konser di Kota Jeddah. Ketika itu ia mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia ingin menunjukkan dukungan untuk hak-hak perempuan, hak-hak gay, dan kebebasan berekspresi.

Pembunuhan Khashoggi terjadi tahun 2018 dan dilakukan oleh anggota tim yang terdiri dari 15 agen pemerintah Saudi yang dikirim ke Istanbul, di mana penulis dan mantan juru bicara pemerintah memiliki janji di konsulat Saudi untuk dokumen yang diperlukan untuk menikahi Cengiz.

Dia menunggunya di luar konsulat, tetapi dia tidak pernah keluar. Dan hingga saat ini, tubuh Khashoggi tidak pernah ditemukan.

Pembunuhan oleh agen yang bekerja untuk Putra Mahkota, Mohammad Bin Salman menarik perhatian internasional dan membayangi kehidupan sang pangeran yang reputasinya tidak pernah pulih sepenuhnya.

Pangeran Mohammed Bin Salman telah menyatakan bahwa dia tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang operasi yang membunuh Khashoggi. Namun, penilaian intelijen Amerika Seriakt (AS) yang dipublikasikan di bawah Presiden Joe Biden, menentukan bahwa putra mahkota menyetujui operasi tersebut.

“Perlu diketahui bahwa undangan Anda untuk berpartisipasi dalam konser di Jeddah datang langsung dari MBS, demikian putra mahkota dikenal. Tidak ada hal penting yang terjadi di Arab Saudi tanpa persetujuannya, dan tentu saja bukan peristiwa penting dan mencolok seperti ini,” tulis Cengiz dalam surat terbukanya kepada Bieber.

Human Rights Watch juga meminta Bieber dan para bintang lainnya untuk menarik diri dari konser F1 di Arab Saudi. Mereka mengatakan acara ini ditujukan untuk “mencuci olahraga” dengan mengalihkan perhatian dan membelokkan pengawasan dari catatan hak asasi manusia negara itu.

Balapan F1 bulan depan akan menjadi yang pertama kalinya bagi Arab Saudi menjadi tuan rumah. Meskipun telah menjadi tuan rumah balapan Formula-E yang kurang dikenal dalam beberapa tahun terakhir dalam upaya untuk meningkatkan wisata Arab Saudi.

Pada saat pembunuhan Khashoggi, putra mahkota dipuji karena mengantarkan reformasi sosial yang mengubah kehidupan banyak orang di dalam negeri.

Khashoggi telah menulis kolom untuk Washington Post yang mengkritik langkah kebijakan luar negeri putra mahkota yang kurang ajar dan tindakan keras simultan terhadap para aktivis dan kritikus – termasuk aktivis hak-hak perempuan, penulis, ulama dan ekonom.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini