Ladies! Supaya Datang Bulan Lancar, Yuk Coba Minum Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak wanita di luar sana yang siklus menstruasi atau datang bulannya tidak lancar. Mungkin minum bahan-bahan alami ini bisa jadi solusi.

Ada banyak jenis minuman pelancar haid yang dijual di pasaran, akan tetapi kamu bisa memanfaatkan beberapa minuman alami. Mengonsumsi minuman alami yang dibuat sendiri di rumah tidak hanya bisa meredakan kram dan melancarkan haid, tapi juga lebih sehat untuk tubuh.

Lantas, apa saja jenis minuman yang bisa membantu melancarkan siklus menstruasi? Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Namun, pada kondisi tertentu wanita mungkin mengalami gangguan yang menyebabkan haid tidak lancar.

Kondisi ini bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi lebih cepat, lebih lambat, atau bahkan tidak haid sama sekali hingga beberapa bulan. Pada kondisi seperti itu, minuman untuk melancarkan menstruasi sering diandalkan.

Pada dasarnya, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab haid tidak lancar, mulai dari pola hidup tidak sehat, penggunaan alat kontrasepsi, sedang hamil, hingga riwayat penyakit tertentu. Cara mengatasi gangguan ini tergantung pada penyebabnya.

Dikutip dari Halodoc, Sabtu 31 Juli 2021, ada beberapa jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan siklus menstruasi, di antaranya:

  1. 1. Air Jahe
    Mengonsumsi air rebusan jahe bisa membantu melancarkan siklus menstruasi. Selain itu, bahan alami ini juga memiliki sifat antioksidan yang bisa meredakan kram atau gejala lain yang muncul saat haid. Selain direbus, kamu bisa mencampurkan jahe ke teh lalu mengonsumsinya. Mengonsumsi teh jahe juga bisa membantu meredakan nyeri haid, mengurangi kembung, hingga meredakan mual yang mungkin dialami selama datang bulan.
  2. 2. Kayu Manis
    Wanita yang mengalami gangguan siklus menstruasi juga disarankan untuk mengonsumsi kayu manis. Katanya, bahan alami ini bisa membantu memperbaiki siklus haid agar lebih teratur. Dengan kata lain, campuran kayu manis bisa menjadi salah satu minuman yang baik untuk melancarkan haid. Kamu bisa membuat minuman ini dengan cara mencampurkan kayu manis ke dalam segelas air hangat atau teh hangat. Selain melancarkan haid, minuman ini juga disebut bisa membantu mengurangi nyeri atau gejala lain yang muncul selama menstruasi.
  3. 3. Teh Hangat
    Chamomile tea alias teh chamomile disebut bisa membantu meredakan kram dan melancarkan haid. Kandungan zat yang ada dalam teh ini bisa merelaksasikan tubuh dan meredakan nyeri. Selain teh chamomile, kamu juga bisa mengonsumsi teh peppermint untuk melancarkan jadwal datang bulan serta mengatasi gejala yang muncul selama haid.
  4. 4. Air Putih
    Pada dasarnya, menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan haid. Minum cukup banyak air putih saat menstruasi juga bisa membantu meredakan gejala nyeri dan rasa tidak nyaman yang dialami. Agar terhindar dari gejala kram atau nyeri saat haid, disarankan untuk minum air putih setidaknya 1,5-2 liter setiap hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini