Kumpulan Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Gula Darah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyakit diabetes tentu tak ingin dialami oleh setiap orang. Untuk itu, perlu rutin mengonsumsi makanan yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Melansir Daily Record, berikut deretan makanan yang bisa turunkan kadar gula darah :

Telur
Selain kaya protein, telur juga memiliki kandungan lemak yang sedang dan karbohidrat yang rendah. Tak heran bila telur dapat menjadi teman sarapan yang baik bagi penderita diabetes.

Selain bergizi, telur sangat mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Hal ini membuat telur dijuluki sebagai pilihan sarapan yang versatile. Menurut studi pada The British Medical Journal, pola makan tinggi protein dapat membantu memperbaiki profil kadar gula darah bagi penyandang diabetes tipe 2.

Pengganti Sereal
Sereal dan susu merupakan menu sarapan yang sangat mudah dan cepat untuk dibuat. Akan tetapi, diabetisi perlu berhati-hati bila ingin mengonsumsi sereal, meski sereal tersebut tampak sehat. Alasannya, ada banyak sereal yang memiliki kandungan gula tinggi.

Sereal yang tampak sehat seperti granola pun sering kali dilengkapi dengan gula tambahan yang cukup banyak. Oleh karena itu, perhatikan label gizi pada kemasan sereal sebelum membeli.

Ada beberapa alternatif sereal yang juga bisa menjadi pilihan lebih sehat. Beberapa di antaranya adalah muesli tanpa gula tambahan atau biskuit gandum.

Roti Panggang
Seperti halnya sereal, roti panggang juga bisa dibuat dengan mudah. Yang perlu diperhatikan hanyalah pemilihan jenis roti yang digunakan. Bagi diabetisi, gunakan jenis roti gandum bila ingin menyantap roti panggang sebagai menu sarapan.

Hindari pula isian berupa selai manis bila ingin membuat roti panggang. Pilih opsi isian roti yang gurih seperti alpukat, marmit, atau selai kacang.

Bubur Oat
Bubur yang terbuat dari oat memiliki indeks glikemik yang rendah. Menurut Diabetes UK, makanan dengan indeks glikemik yang rendah dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini membuat bubur oat dapat menjadi pilihan baik untuk penyandang diabetes tipe 2.

Serat yang banyak di dalam oat pun dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini lah yang membuat oat juga menjadi opsi ideal bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Namun seperti halnya sereal kemasan, beberapa produk oat bisa mengandung gula yang cukup banyak. Pastikan memilih varian oat yang tawar atau plain, karena varian oat berperisa sering kali disertai dengan kandungan gula yang besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini