Krisis Uang? Ini yang Harus Dilakukan saat Keuangan Memburuk

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa yang biasa kamu lakukan usai gajian? Belanja? Kulineran? Atau langsung travelling dengan teman dan keluarga?

Hal tersebut boleh saja kok kamu lakukan. Tapi, kamu juga perlu tahu betapa pentingnya menyisihkan uang dari penghasilan untuk kondisi-kondisi yang tak terduga.

Perlu disadari bahwa keuangan setiap orang tak selalu berada di atas. Ada kalanya kondisi ekonomi jatuh tersungkur. Akibatnya, keuanganmu jadi memburuk.

Jika sudah mengalami hal ini, tentu kamu akan menyesal karena tak menabung dan menyisihkan uang. Nah, jika terlanjur mengalami krisis keuangan, kamu gak perlu bingung Ada kok beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

  1. Rajin Bawa Bekal

Saat keuanganmu memburuk, ada baiknya Kamu gak jajan terlalu banyak saat di kampus atau kantor. Maka, membawa bekal untuk makan siang menjadi pilihan yang tepat.

Selain lebih menghemat pengeluaran, bawa makanan dari rumah juga jauh lebih higienis. Coba saja hitung berapa pengeluaran para pekerja kalau sudah menyangkut soal makanan.

Mulai dari beli sarapan, makan siang, hingga camilan sore. Itu belum ditambah kalau ada acara nongkrong sepulang kerja.

2. Jangan Traktir Teman

Traktir teman-teman makan di restoran atau cafe kekinian memang seru dan membuat suasana kumpul-kumpul jadi menyenangkan. Tapi, kalau kondisi keungan lagi memburuk, coba untuk tidak melakukan hal tersebut ya gaes.

Jangan takut dinilai pelit cuma karena jarang traktir. Sesekali boleh, tapi pilihlah waktu yang pas dan cek juga kondisi keuangan. Kalau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih pas-pasan, tak perlu dipaksakan.

3. Kurangi Ngumpul dengan Teman

Jika biasanya usai pulang bekerja atau kuliah kamu rutin berkumpul dengan teman-teman, sebaiknya kebiasaan itu dikurangi dulu deh. Nongkrong sekali-kali boleh saja, sekalian menyegarkan pikiran.

Tapi jangan tiap hari juga ya. Selain gak baik untuk kesehatanmu karena terus mengonsumsi makanan cepat saji di restoran tempat kamu ngumpul, terlalu sering nongkrong juga gak baik untuk kesehatan dompetmu.

4. Tidak Tergiur Penggunaan Kartu Kredit

Biasanya, saat keunganmu sedang meburuk, kamu akan tergiur dengan fasilitas yang ditawarkan jika mempunyai kartu kredit. Kamu bisa membeli apapun yang kamu mau dengan sistem pembayaran di akhir bulan.

Nah, jangan terpancing godaan ini ya. Sebab, jika kamu belum siap, kartu kredit hanya akan membuatmu semakin konsumtif. Bahkan, kartu kredit bisa berbahaya jika kamu tak bijak menggunakannya.

5. Tidak Ikut-ikutan Teman

Satu lagi yang perlu kamu hindari saat keungan mulai memburuk ialah tidak latah jika teman membeli sesuatu. Tak dapat dipungkiri, apa yang teman beli pasti kita ikut tergiur untuk memilikinya juga.

Namun, itulah godaan saat keunganmu sedang menipis. Jadi, kamu harus menahan diri dan gak ikut-ikutan jika temanmu membeli suatu barang ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini