Ketahui 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAMeditasi adalah proses melatih pikiran agar dapat mengendalikan dan membuatnya menjadi lebih fokus. Ini bagus untuk kesehatan mental dan fisik.

Meditasi dapat juga mampu membantu seseorang menghilangkan stres dan memberikan kedamaian pada hati serta pikiran. Beberapa Meditasi juga dipercayai dapat meningkatkan citra diri dan membuat hidup seseorang lebih positif.

Bagi kesehatan, meditasi juga dipercaya dapat melatih mental secara fisik. Ada beberapa manfaat meditasi bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Menjaga kesehatan emosi
Manfaat meditasi salah satunya menjaga kesehatan emosi kamu. Melakukan meditasi secara rutin dapat menurunkan depresi jangka panjang dan bisa menjaga emosi.

2. Membantu meredakan stres
Pastinya kamu pernah mengalami stres karena rutinitas pekerjaan atau hal lainnya. Dengan melakukan meditasi dapat membantu meradakan stres serta mengembalikan tubuh ke dalam kondisi yang tenang sehingga tubuh dapat memperbaiki dirinya sendiri dan juga mencegah kerusakan baru dari efek stres.

3. Menjaga kesehatan tubuh dan membantu menyembuhkan penyakit
Selanjutnya meditasi dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit lho, terutama penyakit yang dapat semakin buruk kondisinya jika dalam kondisi stres.

Beberapa penyakit yang bisa mendapatkan manfaat dari meditasi adalah, kanker, asma, gangguan kecemasan, depresi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, sakit kepala, dan sindrom iritasi usus.

4. Mengontrol rasa cemas
Rasa cemas yang mengganggu bisa kamu kurangi dengan melakukan meditasi secara teratur. Selain itu, bisa juga untuk mengurangi perilaku obsesif-kompulsif, dan fobia.

5. Memperkuat daya ingat dan mencegah demensia
Selain menjaga kesehatan daya ingat yang berkaitan dengan usia, meditasi dianggap mampu meningkatkan sebagian ingatan pasien demensia. Melalui manfaatnya yang juga bisa meredakan stres, meditasi bisa membantu mereka yang sedang merawat seseorang dengan demensia.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini