Kalian Mabuk Durian? Begini Cara Mengatasinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Durian rasanya memang enak dan manis. Tapi, mengonsumi secara berlebihan bisa membuat mabuk. Bagaimana cara mengatasinya?

Walaupun digolongkan dalam buah-buahan, mengonsumsi durian berlebihan juga tidak baik dan memberikan efek samping, termasuk mabuk durian.

Beberapa tanda mabuk durian adalah ketidaknyamanan perut, buang gas terus-menerus, diare, muntah, atau bahkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Ada beberapa kondisi tertentu di mana seseorang tidak disarankan untuk mengonsumsi durian. Ini termasuk ibu hamil dan menyusui. Diyakini kandungan gas pada durian dapat memengaruhi kehamilan dan juga produksi air susu.

Selain itu, kondisi diabetes juga disinyalir dapat memperburuk kesehatan pengidap diabetes. Disarankan orang yang mengidap diabetes mengonsumsi buah yang cenderung aman, seperti pisang atau mangga.

Berikut tips mengatasi mabuk durian:

  1. Cara tradisional memercayai mengonsumsi air yang dituangkan di cekungan kulit dalam durian dapat meredakan gejala mabuk dan mengurangi sensasi mual.
  2. Mengonsumsi buah manggis juga dipercaya dapat mengurangi gejala mabuk durian yang sangat tidak mengenakkan.
  3. Mengonsumsi air putih hangat yang ditambahkan sesendok garam juga dapat membantu mengurangi sensasi mabuk durian.
  4. Mengonsumsi susu juga bisa jadi salah satu pilihan untuk menetralkan kandungan gas pada durian.
  5. Air kelapa dikenal karena konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya, sehingga sangat baik untuk keadaan dehidrasi termasuk juga keracunan. Air kelapa memiliki kandungan kalium yang melimpah, demikian juga potasium.
    Dua kandungan ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Plus kalium dan natrium pada air kelapa dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah.
  6. Mengonsumsi parasetamol juga dapat mengurangi mabuk durian, apalagi kalau mabuknya diiringi sakit kepala.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini