Jangan Khawatir, Ini 3 Trik Konsumsi Nasi Putih Tanpa Takut Gemuk

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nasi putih dan upaya untuk menurunkan berat badan bagai dua hal yang sama sekali tidak bisa disatukan. Maka, umumnya nasi putih atau beras putih cenderung dihindari dan diganti dengan beras merah dan beras cokelat. Menurut Healthline, beras putih mengandung karbohidrat yang tinggi namun tidak memiliki serat.

Namun, beras putih merupakan salah satu makanan pokok sebagian besar penduduk dunia, termasuk Indonesia. Maka, tidak heran jika mengonsumsi nasi merah merupakan prioritas beberapa orang untuk menggantikan nasi putih. Melihat hal ini, ada beberapa trik agar mengonsumsi nasi putih supaya tidak gemuk meski dengan menjalani diet.

Pertama yaitu dengan mengonsumsi banyak sayur. Hal ini penting karena jika hanya mengonsumsi nasi putih umumnya akan cepat membuat lapar sehingga harus dipadukan dengan sayuran yang berlimpah.

Adapun sayuran tidak harus berada dalam kondisi mentah layaknya olahan salad. Sayuran seperti brokoli, wortel dan sayuran lain bisa dipanggang bersama minyak zaitun. Setelah itu, makanan mengandung protein besar seperti kacang merah, dada ayam dan sup tahu bisa menjadi tambahan yang menarik.

Kedua, yaitu dengan memperhatikan cara pengolahannya. Nasi putih tidak akan menyumbang kalori besar apabila tidak diolah menjadi nasi goreng, nasi uduk atau nasi kuning dengan santan. Selain itu, upaya lain bisa dilakukan agar terjadi penurunan berat badan yaitu dengan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Terakhir yakni dengan mencoba untuk mengurangi porsi nasi putih ketika makan. Melansir dari NDTV, sebaiknya setiap individu yang menjalani diet bisa mengakali dengan menggunakan piring atau mangkuk saji berukuran mini. Mengingat jika menggunakan wadah makanan yang berukuran besar akan meningkatkan asupan terlepas apapun makanan atau minumannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini