Jangan Dipecahkan Paksa! Inilah Mengobati Bisul Secara Alami

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan terasa nyeri. Awalnya kulit menjadi merah di area infeksi, setelah empat hingga tujuh hari benjolan mulai memutih saat nanah berkumpul di bawah kulit.

Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi di tempat lubang rambut tumbuh. Biasanya bagian tubuh yang sering terkena bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong serta paha.

Penderita bisul dalam keadaan daya tubuh yang rendah dapat memicu penyakit komplikasi. Seperti keracunan darah (sepsis). Sehingga berobat ke dokter. Sementara untuk orang sehat, bisul hanya merupakan suatu infeksi yang pengobatannya menggunakan cara yang alami.

Salah satunya dengan kompres air hangat. Melansir WebMD, kompres air hangat dapat mengurangi rasa sakit. Dan membantu menarik nanah ke permukaan atau keluar dari kulit.

Cara ini cukup efektif. Karena bisul dapat pecah dengan sendirinya tanpa harus dipecahkan secara paksa. Saat bisul mulai mengering, cuci dengan sabun antibakteri sampai semua nanah hilang. Bersihkan dengan alkohol untuk mengurangi infeksi dan mempercepat pemulihan.

Selain itu cara alami mengobati bisul yakni:

  1. Menggunakan minyak pohon teh (tea tree oil)

Melansir Health Line, minyak pohon memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat untuk membantu penyembuhan bisul. Namun, pemakaiannya tidak boleh langsung di oleskan ke kulit. Karena memiliki efek terbakar.

Caranya mudah. Cukup oleskan lima tetes minyak pohon teh dengan satu sendok minyak zaitun. Kemudian minyak pohon teh yang sudah encer ke kapas dan oleskan ke daerah kulit yang muncul bisul 2-3 kali sehari.

  1. Menggunakan bubuk kunyit

Selama ribuan tahun bubuk kunyit di percaya sebagai pembersih darah secara alami. Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini dapat membantu menyembuhkan bisul dan membuangnya secara cepat.

Dalam penggunaanya bisa memilih untuk menelan kunyit dengan merebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu yang diminum 3 kali sehari. Sedangkan cara lainnya dengan mencampurkan kunyit dengan air dan atau jahe untuk membuat masker. Kemudian oleskan ke bagian yang muncul bisul setidaknya 2 kali sehari.

  1. Gunakan garam epsom

Jenis garam ini mampu untuk mengobati bisul dan memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan. Garam Epsom dapat membantu menguras nanah yang membuat bisul mongering.

Cara penggunaannya, larutkan garam epsom dalam air hangat. Rendam kompres di dalamnya. Oleskan kompres ke area yang muncul bisul selama 20 menit. Setidaknya 3 kali sehari sampai bisul hilang.

  1. Gunakan minyak jarak

Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Tak heran minyak ini  sering menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati bisul. Oleskan sedikit minyak jarak langsung ke bagian bisul. Setidaknya 3 kali sehari sampai hilang.

Reporter: Azzura Tunisya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini