Jangan Dilarang Moms, Membiarkan Anak Main Hujan-hujanan Ada Manfaatnya Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa orangtua sering kali melarang buah hati mereka untuk menikmati hujan yang turun. Mereka beranggapan, membiarkan anak-anak main di tengah hujan berbahaya dan bisa membuat mereka terserang penyakit.

Umumnya, saat hujan turun, suhu udara menjadi lebih sejuk. Angin yang berhembus pun lebih kencang sehingga orangtua sangat khawatir anak-anak mereka keluar rumah dan bermain hujan-hujanan.

Tapi tahukah kamu, dilansir dari Hello Sehat, turunnya hujan tak selalu membuat anak selalu sakit lho! Namun, harus tetap dengan pengawasan ya moms! Ada beberapa manfaat yang bisa didapat membiarkan anak-anak bermain di tengah hujan.

Apa saja? Yuk disimak moms!

1. Menambah Pengetahuan Anak

Manfaat pertama yang didapat pada anak saat mereka main hujan-hujanan ialah menambah pengetahuannya. Dengan merasakan air hujan, anak akan penasaran dan ingin tahu dari mana datangnya air tersebut.

Maka, ada baiknya moms menemani si kecil saat sedang bermain hujan. Moms juga bisa sembari memberikan edukasi dari mana hujan terbentuk pada anak. Dengan demikian, si kecil bisa mendapat pengetahuan baru hasil dari main hujan-hujanan.

2. Merangsang Kreativitas dan Imajinasi

Membiarkan anak bermain hujan-hujanan faktanya bisa merangsang kreativitas dan imajinasinya, moms. Nyatanya, saat anak main hujan, imajinasi dan kreativitasnya akan muncul seiring dengan daya khayalan mereka.

Saat hujan, si kecil akan mencoba berpikir kreatif, ditambah melakukan dengan cara yang menyenangkan. Maka, ketika anak meminta bermain di luar saat hujan, jangan dilarang yang moms. Tapi, tetaplah awasi mereka agar tetap aman.

3. Menambah Kemampuan Fisik dan Motorik

Satu lagi manfaat yang bisa didapat anak saat main hujan-hujanan ialah menambah kemampuan fisik dan motoriknya. Saat bermain hujan, anak akan leboh aktif bergerak menggerakan tangannya, berlari dan melompat.

Daya gerak dan aktivitas anak tersebut akan merangsang stimulasi motorik serta kemampuan fisik yang optimal, terutama rangsangan kulit yang langsung terkena air. Maka, bermain hujan-hujanan baik untuk fisiknya ya moms!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini