Jangan Diabaikan! Nih 5 Gejala Awal Bahwa Kamu Kena Insomnia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kesulitan tidur pasti pernah mengalami kesulitan untuk tidur. Hal tersebut biasanya disebut insomnia. Padahal jika kita tidak tidur, kerja tubuh dan otak akan terganggu karena tidak sempat beristirahat dan bisa menimbulkan penyakit.

Untuk orang-orang awam mungkin masih belum mengetahui gejala awal dari insomnia. Nah, berikut ada 5 ciri-ciri yang menandakan bahwa kamu mengidap insomnia. Yuk, simak!

1. Sering nggak bisa tidur

Hal satu ini sering disepelekan, tapi tau nggak kamu, kalau hal ini adalah tanda utama bahwa kamu mengidap insomnia, loh! Karena sering diremehkan, kebanyakan orang mengabaikannya dan nggak mau konsultasi ke dokter.

Mereka menganggap bhawa kesulitan tidur adalah hal yang biasa, padaahal jika berlangsung terus-menerus, penyakit kronis akan muncul dan bisa menyerang otak, loh!

2. Masih merasa lelah

Kamu pernah nggak, sudah tidur selama 8 jam atau lebih, tapi saat bangun tubuhmu masih terasa lelah? Waspada ya, karena ini adalah salah satu tanda kamu kena insomnia.

Normalnya, saat tidur ‘cahaya tidur’ akan meredup. Nah jika ‘cahaya tubuh’ masih aktif, otak akan mencegah tubuhmu untuk beristirahat. Makanya kamu harus jaga kesehatan dan sempatkan untuk istirahat sesibuk apapun itu.

3. Mendengkur

Mendengkur atau biasa disebut ngorok memang bukan tanda yang berbahaya, tapi menjadi peringatan kalau kondisi pernafasanmu terganggu.

Kalau kamu merasa nafasmu terhambat, otomatis tidurmu akan terganggu. Nggak cuma kamu, tapi orang lain juga jadi nggak bisa tidur karena dengkuranmu.

4. Ingin tidur siang

Di malam hari tidurmu terganggu, otomatis di siang harinya kamu bakal ngantuk banget. Bawaanya pasti ingin tidur siang, meski kamu sedang menjalani aktivitasmu.

Hal seperti ini jangan diremehkan ya. Mungkin kamu nggak cuma ngantuk biasa, tapi ini bisa jadi ini adalah tanda bahwa semalam kamu baru aja kena insomnia.

5. Depresi

Nggak heran kalau kamu nggak bisa tidur gara-gara banyak pikiran. Tubuhmu akan gelisah, merasa nggak nyaman, dan menyebabkan kamu nggak bisa tidur.

Kalau kamu mengalami depresi, lebih baik segera konsultasi ke dokter sebelum menjadi masalah yang serius. Jangan sampai depresimu mengganggu kesehatanmu yang lain. (Dinda)

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini