Jangan Asal-asalan, Begini Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Benar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jelang Idul Adha, mayoritas umat Muslim tengah mempersiapkan hewan kurban untuk disembelih tepat pada 10 Dzulhijjah mendatang. Mereka berbondong-bondong mencari calon hewan kurban dari berbagai peternak.

Saat memilih hewan kurban, kita menginginkan calon yang terbaik untuk beribadah kepada Allah SWT. Baik itu kambing, kerbau hingga sapi.

Tapi, tahukah kamu memilih hewan kurban yang sehat cukup susah-susah gampang. Kamu perlu mengetahui berbagai ciri-ciri hewan kurban yang sehat dan sempurna.

Nah, biar kamu gak bingung, yuk simak tips di bawah ini cara memilih hewan kurban yang gak asal-asalan:

1. Mata Tidak Kotor

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah melihat apakah calon hewan kurban tersebut sehat dan tidak memiliki kotoran mata.

Biasanya, jika calon hewan kurban tidak sehat, kotoran mata akan keluar dan menandakan fisiknya tidak memadai.

2. Bulu Bersih

Secara fisik, bulu hewan juga dalam keadaan bersih dan tidak kusam. Tidak kurus, gerakan lincah, serta memiliki nasfu makan yang baik.

3. Tidak Cacat

Hewan kurban juga tidak dalam keadaan cacat, seperti tidak buta, pincang, tanduk dan daun telinga juga masih telihat utuh serta buah zakar masih utuh dan lengkap sepasang atau tidak dikebiri. Hewan yang ingin dikrubankan juga harus dalam keadaan yang telah cukup umur, seusai dengan jenis hewannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini