Iwan Fals Soroti Serangan Israel, Unggah Lagu ‘Palestina’

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAIwan Fals menyoroti serangan militer yang dilakukan Israel pada Palestina. Musisi senior itu mengunggah lagu ‘Palestina’ di channel YouTube-nya.

Serangan roket Israel ke Gaza terjadi sejak Senin 10 Mei 2021. Sejak itu, sudah banyak korban jiwa dari kubu Palestina. Setidaknya ada 145 korban meninggal dimana 41 di antaranya anak-anak dan korban luka lebih dari 1.000 orang.

Di channel YouTube-nya, Iwan mengunggah laga ‘Palestina’ yang diciptakannya enam tahun lalu. Lagu itu kembali dinyanyikannya terkait konflik yang terjadi lagi antara Israel dan Palestina.

“Enam tahun yang lalu saya buat lagu ini dan hari ini, saya ingin menyanyikan lagi sebagai bentuk keprihatinan saya terhadap yang terjadi di Gaza akhir-akhir ini, Palestina,” ujar Iwan di akun channel YouTube-nya.

“Iya berduka, tapi rasanya sudah bosan ya kita berduka. Ini sudah puluhan tahun, bahkan berabad. Kalau menurut keyakinan atau mitos, tapi saya nggak paham. Ini cerita lama. Semua orang pasti merindukan damai atau perdamaian. Klise memang, tapi ini harus diomongkan. Sulit mewujudkan perdamaian hingga orang perlu bekerja keras untuk mewujudkan itu,” katanya.

“Yang ingin saya katakan adalah, perang itu siapa sih yang perang? Ya tentu saja manusia kan yang berperang. Yang ingin damai pun manusia. Sebenarnya manusia itu sendiri yang memutuskan mau perang atau berdamai,” ucapnya.

Menurut Iwan, apa yang terjadi di Gaza hanya karena nafsu dan dendam. Dia berharap, konflik di kedua negara bisa dihentikan selamanya.

“Saya sudah mau marah, ini di atas marah, mau sedih, ini pun juga sudah di atas sedih. Ya susah, emosi, nafsu, panas, tapi ya itu mereka harus memutuskan. Berani tidak memutuskan itu? Karena dendam kalau diikut-ikuti kan tidak selesai. Sampai kapan? Ya intinya, rasa damai ingin berperang itu kan manusia, ya sudah hentikan saja,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini