Inilah Jumlah Air yang Wajib Kita Konsumsi Setiap Hari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Air putih memberikan manfaat bagi tubuh kita, memberi lebih banyak tenaga dan kulit yang bagus. Serta minum air putih dapat menurunkan berat badan dan menghindari kanker.

Abad ke 19, hanya orang orang yang miskin dan hampir sekarat yang sudi minum air putih. Seiring perkembangan waktu, orang dewasa di Inggris kini minum air putih lebih banyak selama beberapa tahun terakhir. Sementara di Amerika Serikat, baru-baru ini penjualan air mineral botol melampaui penjualan minuman soda.

Para siswi sekolah dan pengguna transportasi umum biasanya membawa sebotol minum. Bahkan para pegawai kantoran tidak akan memulai rapat di kantor jika tidak ada segelas air putih di tengah mejanya.

Ahli gizi Margaret McWilliams dan Frederick Stare, merekomendasikan rata-rata orang dewasa untuk mengonsumsi sekitar enam sampai delapan gelas air per hari. Akan tetapi, mereka juga menuliskan bahwa konsumsi tersebut termasuk buah dan sayuran. Minuman berkafein, minuman soda, bahkan bir.

Secara terus-menerus manusia melepaskan air dalam bentuk keringat, air seni dan proses bernapas. Memastikan tubuh agar tidak kekurangan cairan adalah tindakan baik dan penting. Ini untuk menghindari dehidrasi.

Air membawa nutrisi sekaligus ‘limbah’ di dalam tubuh. Mengatur suhu badan, berperan sebagai pelumas pada persendian. Serta berperan dalam sebagian besar reaksi kimia dalam tubuh kita.

Penelitian menemukan bahwa cukup minum air putih untuk menghindari dehidrasi ringan membantu kinerja fungsi otak. Dan kemampuan kita untuk melakukan hal-hal sederhana seperti menyelesaikan suatu masalah. Sebagian besar pakar sepakat bahwa kebutuhan cairan tubuh masing-masing orang berbeda. Tergantung usia, ukuran tubuh, lingkungan, dan tingkat aktivitas fisik mereka.

Aturan 8×8 adalah anjuran tidak resmi yang merekomendasikan kita untuk minum 240 ml air putih per hari – total di bawah dua liter – di luar mengonsumsi jenis minuman lainnya. Namun bagi mereka yang merasa lebih nyaman untuk mengikuti anjuran tidak resmi di luaran sana ketimbang mengikuti rasa haus yang mereka rasakan. Badan Kesehatan Nasional Inggris menyarankan agar mereka minum air enam hingga delapan gelas per hari, termasuk susu rendah lemak dan minuman bebas-gula, seperti teh dan kopi.

Reporter: Fadila Aliah Hakim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini