Inilah Fakta-Fakta Menarik di Balik Pembuatan Film ‘Pengabdi Setan 2’, Sampai Pakai 30 Mobil Tangki Air Buat Adegan Banjirnya, Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ternyata perjuangan membuat film ‘Pengabdi Setan 2’ membutuhkan banyak kontribusi untuk menjadi film yang layak untuk ditonton. Hasilnya pun telah menunjukkan bahwa pembuatan filmnya bukan main-main.

Hal ini terungkap melalui cuitan sutradara ‘Pengabdi Setan’ Joko Anwar yang diposting pada 9 Agustus 2022 malam. Ia membeberkan fakta-faktanya satu per satu lewat sebuah utas.

Nah, berikut rangkuman fakta pembuatan film ‘Pengabdi Setan 2’.

  1. Butuh 30 mobil tangki air atau 150 ribu liter air untuk ciptakan adegan banjir
Foto: Twitter/@jokoanwar.

Joko Anwar mengatakan bahwa adegan banjir di lantai 1 rusun ‘Pengabdi Setan 2’ bukan hasil dari CGI, melainkan air asli. Mereka membutuhkan 30 mobil tangki air atau sekitar 150 ribu liter air untuk menciptakan adegan banjir tersebut.

  1. Melibatkan tim SAR
Foto: Twitter/@jokoanwar.

Joko Anwar menyebutkan bahwa adegan banjir di luar bangunan adalah pengambilan syuting yang rumit. Sebab tim produksi membutuhkan koordinasi dan timing yang tepat antara equipment, aktor, keamanan.

Mereka bahkan sampai melibatkan tim SAR agar proses syutingnya aman. Sebab pengambilan gambarnya dilakukan di perairan asli.

Mereka juga menggunakan rakut khusus yang dibangun untuk adegan ini.

  1. Lakukan riset lebih dulu untuk musik ‘Pengabdi Setan 2’

Joko Anwar menjelaskan bahwa musik dalam filmnya itu mengambil konsep ‘kepler effect’. Ia mempelajari lebih dulu soal teori Kepler’s Law of Planetary Motion untuk musiknya yang akan digunakan untuk film horornya itu.

Sehingga dengan menggunakan konsep itu, ia bisa membuat musik itu didesain seolah-olah masuk ke dalam kepala penonton alias jadi terngiang-ngiang.

  1. Butuh ratusan topeng untuk didesain
Foto: Twitter/@jokoanwar.

Dalam film ini, tim produksi ternyata memerlukan hingga ratusan topeng untuk didesain. Topeng-topeng itu dibuat dengan desain yang berbeda antara satu sama lain.

Dibuat berbeda karena untuk menyesuaikan dengan hierarki orang-orang dalam komuni ‘Pengabdi Setan 2’.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini