Inilah 8 Makanan yang Baik Buat Kesehatan Paru-paru, Coba Yuk!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan itu sebuah keharusan untuk keberlangsungan hidup, terutama kesehatan paru-paru. Selain menerapkan gaya hidup sehat, kita juga perlu memerhatikan pola makan yang dikonsumsi.

Selain faktor polusi dan asap rokok, ternyata mengonsumsi makanan inflamasi juga bisa merusak paru-paru lho. Nah untuk menjaga kesehatan, kita perlu mengubah gaya hidup kita dengan mengonsumsi makanan sehat, berikut makanan yang baik untuk paru-paru:

1. Sayuran bit

Sayuran ini memiliki banyak kandungan nitrat yang terbukti punya banyak manfaat. Nitrat inilah yang membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan mengoptimalkan penyerapan oksigen.

2. Paprika

Paprika memiliki kandungan vitamin C dan berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. Terutama untuk perokok aktif sangat disarankan mengonsumsi 35 mg vitamin C per hari.

3. Apel

Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat meningkatkan fungsi paru-paru karena memiliki kandungan antioksidan, flavonoid, dan vitamin C. Jika rutin makan buah ini risiko asma dan kanker paru-paru juga lebih rendah.

4. Labu

Labu kaya akan kandungan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang mana memiliki zat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

5. Kunyit

Pengobatan herbalnya ialah dari tanaman kunyit. Tanaman ini juga memiliki antioksidan, anti-inflamasi, serta curcumin yang bermanfaat untuk membantu fungsi paru-paru.

6. Tomat

Selain kaya akan antioksidan karatenoid, tomat juga memiliki likopen yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Tomat terbukti dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan bagi pengidap asma.

7. Blueberry

Buah ini juga memiliki kaya akan nutrisi, salah satunya terdapat kandungan antosianin. Zat dari antosianin ini terbukti dapat melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.

8. Teh hijau

Yes, minum teh hijau juga dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru kita lho. Zat dalam teh hijau ini juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini