Ini Sederet Pantangan untuk Pengidap Asam Lambung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar meninggalnya desainer Indonesia, Barli Asmara memang mengejutkan masyarakat Indonesia. Pasalnya, Barli tak terlihat memiliki riwayat penyakit yang ia derita.

Setelah kabar wafatnya tersebar, pihak manajemen Barli, Somet mengungkapkan bahwa Barli sebelumnya menderita penyakit lambung.

Mengenai penyakit lambung, ada beberapa faktor yang membuat lambung jadi bermasalah. Salah satunya ialah asam lambung atau gerd.

Penyakit asam lambung merupakan kondisi dimana asam lambung naik menuju esofagus atau kerongkongan. Naiknya asam lambung umumnya bisa menyebabkan nyeri pada ulu ati.

Dikutip dari Halodoc, penyakit asam lambung memiliki banyak gejala, mulai dari munculnya rasa asam dikerongkongan, batuk kering hingga nyeri pada dada.

Penyakit asam lambung diketahui bisa menyebabkan timbulnya penyakit lain pada tubuh. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kondisi asam lambung agar tidak bermasalah.

Nah, buat kamu yang memang memiliki penyakit asam lambung, ada beberapa hal yang perlu kamu pantang supaya asam lambungmu gak semakin parah. Yuk simak!

1. Makanan yang Digoreng

Goreng-gorengan memang nikmat gaes. Rasanya yang gurih dan garing membuat banyak orang menyukai makanan dengan proses digoreng. Akan tetapi, makanan yang digoreng perlu dipantang oleh penderita asam lambung.

Hal ini dikarenakan, makanan yang digoreng menganduk banyak lemak jenuh (lemak trans). Makanan yang tinggi lemak berisiko membuat gejala maag kembali kambuh karena naiknya asam lambung. Akibatnya asam lambung bisa dengan mudah naik dan menjalar ke ulu ati, dada hingga kerongkongan.

2. Kopi

Hayo siapa nih yang suka ngopi sore-sore sambil nikmatin senja? Kalau kamu memiliki asam lambung, mendingan kurang-kurangin deh minum kopinya. Sebab, orang yang memiliki masalah asam lambung tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi terlalu banyak.

Dikutip dari Hallo Sehat, Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan yang bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa tak nyaman. Jadi, kurang-kurangin ngopinya ya gaes.

3. Cokelat

Kabar buruk untuk pecinta cokelat. Pasalnya, makanan lezat nan manis ini jadi salah satu pangan yang tak boleh dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita asam lambung.

Hampir sama dengan kopi, cokelat mengandung kafein yang bisa meningkatkan asam lambung. Tak cuma itu, cokelat juga tinggi lemak yang bisa memicu naiknya asam lambung.

4. Soda

Minuman satu ini memang menyegarkan, tapi bisa berdampak buruk terutama buat kamu yang bermasalah dengan asam lambung. Sebab, tak cuma berkarbonasi, soda juga memiliki zat kafein yang bisa membuat asam lambung naik dan menyebabkan nyeri pada dada.

Oleh karena itu, minuman ini menjadi salah satu pangan yang perlu dihindari penderita masalah lambung.

5. Makanan Pedas

Satu lagi yang perlu dipertimbangkan sebelum dikonsumsi oleh penderita asam lambung ialah makanan pedas. Makanan ini jadi pantangan mereka yang memiliki masalah lambung.

Makanan pedas umumnya terbuat dari cabai yang terlalu banyak. Nah, cabai sendiri memiliki zat capsaicin di dalamnya.

Zat tersebut diketahui bisa memperburuk masalah lambung karena sistem pencernaan menjadi lambat. Akibatnya, membutuhkan waktu yang lama pula untuk memulihkan kembali gejala maag tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Tawarkan Upaya Konkret Penanganan Air Dalam WWF ke -10

Rangkaian pertemuan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Nusa Dua, Bali menghasilkan diskusi yang konstruktif dalam rangka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini