Ini Pertimbangan Utama Beli Smartphone Baru Saat Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi memang masih berlangsung dan kondisi ekonomi di berbagai negara belum 100 persen pulih seperti biasa, termasuk Indonesia. Namun hal ini tak menghalangi berbagai produsen smartphone untuk merilis produk teranyarnya.

Smartphone yang dirilis pada 2020 hingga pertengahan 2021 ini umumnya hadir untuk berbagai sasaran kelas dan juga harga yang variatif. Dengan berbagai teknologi terkini dan juga fitur terbaru yang ditawarkan, mungkin Anda pun tergoda untuk ganti smartphone ke model terbaru bukan?

Belum lagi di masa pandemi ini banyak yang bekerja dari rumah dan juga kuliah/belajar online yang membutuhkan perangkat yang dapat mendukung kegiatan tersebut.

Nah, jika Anda berminat membeli smartphone baru di suasana pandemi ini, ada berbagai fitur yang harus jadi pertimbangan agar Anda bisa mendapatkan smartphone sesuai kebutuhan tanpa menghabiskan terlalu banyak uang.

  1. Kapasitas RAM

Seperti sudah disebutkan diatas, kegiatan belajar maupun bekerja dari rumah sedikit banyak telah mengubah fungsi dan kegunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Ada begitu banyak aplikasi tambahan yang perlu diakses sehingga kapasitas RAM harus jadi pertimbangan penting sebelum membeli smartphone baru.

Dengan RAM berkapasitas besar maka Anda bisa menyimpan lebih banyak file kerja atau tugas sekolah tanpa mengurangi performa smartphone. Selain itu RAM yang besar juga memungkinkan Anda mendownload banyak aplikasi sekaligus.

Saat ini smartphone sudah banyak yang dibekali dengan RAM berkapasitas lumayan, bahkan untuk kelas entry-level sekalipun. Pilihlah smartphone dengan RAM minimal 3GB jika budget Anda terbatas.

  1. Kapasitas memori internal

Selain RAM, fitur lain yang perlu jadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli smartphone di masa pandemi adalah kapasitas memori internal.

Memori internal merupakan tempat penyimpanan data aplikasi, game dan file penting secara permanen. Dengan banyaknya aktivitas online yang Anda lakukan dalam rangka bekerja atau sekolah, memori internal berkapasitas besar tentu akan sangat bermanfaat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Selain memori internal bawaan, banyak juga model smartphone yang sudah mendukung slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan dengan kartu microSD.

Saat ini kapasitas memori internal yang tersedia saat ini pun beragam dan bisa Anda pilih. Ada baiknya pilih smartphone dengan memori internal minimal 16GB.

  1. Kapasitas baterai

Untuk menunjang berbagai aktivitas harian yang dilakukan dengan smartphone, maka baterai berkapasitas besar merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat Anda ingin membeli smartphone baru.

Dengan demikian Anda tidak harus sering-sering charger smartphone karena baterainya lebih awet. Selain itu ada baiknya pilih smartphone yang sudah dibekali dengan fitur fast charging pada baterainya.

Hal ini untuk mempercepat proses pengisian baterai sehingga lebih hemat waktu dan juga listrik di rumah.

Contoh smartphone dengan spesifikasi mumpuni, baterai besar dan juga fitur fast charging adalah Redmi Note 9 Pro yang dibekali baterai berkapasitas 5.020 mAh dan fitur 30W fast charging yang dapat mengisi baterai dari 0 persen ke 50 persen dalam waktu 30 menit saja. Harga Redmi Note 9 Pro untuk varian 6GB/64GB adalah Rp3.299.000, tidak terlalu mahal bukan untuk ukuran smartphone kelas menengah?

  1. Fitur keamanan

Fitur keamanan pada smartphone juga patut Anda perhatikan sebelum membeli smartphone baru. Fitur keamanan yang perlu ada di smartphone Anda minimal adalah fingerprint scanner, atau versi canggihnya adalah in-display fingerprint scanner sehingga smartphone Anda tidak bisa diakses oleh orang yang berkepentingan.

Selain itu ada secure keyboard untuk menghindari kebocoran data saat Anda mengakses aplikasi perbankan atau pembayaran di smartphone Anda.

  1. Kamera

Saat ini smartphone sudah banyak dibekali tiga hingga empat kamera dengan resolusi lensa yang tidak main-main. Baik kelas entry level hingga flagship, untuk kameranya sudah dibekali dengan kamera mumpuni yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Pemilihan smartphone berdasarkan kameranya bisa bergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda hanya menggunakan kamera untuk mengambil foto sesekali, maka smartphone dengan dual camera juga sudah cukup.

Namun jika Anda suka berkreasi membuat foto maupun video kreatif yang dibagikan ke sosial media, maka smartphone dengan tiga kamera dan empat kamera utama bisa jadi pilihan yang pas.

Nah itulah tadi 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli smartphone baru di masa pandemi ini. Pastikan Anda membeli smartphone yang sesuai dengan kebutuhan, bukan karena mengikuti tren karena model smartphone akan terus berganti dengan yang baru.

Jadi daripada berpaku pada tren smartphone tertentu, akan jauh lebih baik jika Anda membeli smartphone yang akan berguna dalam kegiatan sehari-hari tanpa harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli smartphone yang lebih mahal padahal jika dilihat fungsinya sama saja. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini