Ini Lho Manfaat Minum Infused Water bagi Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Infused water adalah air mineral yang dicampur dengan irisan buah-buahan segar, sayuran, bumbu dan rempah-rempah. Tidak ada bahan dasar khusus untuk membuat minuman ini.

Pemilihan bahan disesuaikan dengan keinginan kamu. Campuran air dan bahan segar yang diiris kemudian disimpan dalam botol dan didinginkan di lemari es selama minimal 1–12 jam agar sarinya benar-benar keluar. Potongan buah atau sayuran sering menjadi lembek setelah duduk lama.

Bahan infused water biasanya buah-buahan yang kurang enak atau terlalu asam untuk dimakan langsung. Dengan mengolahnya dalam infused water, kamu bisa mendapatkan kandungan nutrisi dan manfaat dari bahan-bahan tersebut. Karena itulah, banyak orang menganggap air seduh sebagai minuman yang lebih sehat daripada air biasa. Berkat kandungan vitamin dan mineralnya, jumlah orang yang menggunakan air seduh sebagai minuman olahraga tidak sedikit.

Berikut manfaat minum infused water

  1. Membantu menjaga berat badan
    Salah satu komponen utama infused water adalah buah jeruk seperti jeruk limau dan lemon. Apalagi lemon merupakan salah satu buah esensial bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Mengonsumsi air dengan lemon dan jeruk nipis untuk diet tidak secara langsung menyebabkan penurunan berat badan, tetapi minuman ini dapat membantu kamu mengurangi asupan kalori harian kamu. Ia bekerja seperti air untuk mengisi anda dengan cepat sehingga kamu tidak makan berlebihan.

Bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan, infused water dengan lemon adalah pilihan minuman yang lebih sehat daripada kopi atau teh. Ini karena jus lemon mengandung vitamin dan mineral dan tidak ada tambahan gula.

  1. Mencegah penuaan dini
    Infused water juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, terutama dalam mencegah penuaan dini. Pasalnya, jenis buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi dan apel yang sering dijadikan bahan infused water seringkali kaya akan antioksidan dan vitamin C.

Vitamin C membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen, protein penting yang membangun dan memelihara jaringan kulit. Sedangkan antioksidan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dari lingkungan. Asupan vitamin C dan antioksidan yang cukup secara bertahap dapat membuat kulit lebih kencang dan terhidrasi. Namun, ini tidak datang segera. Kamu juga perlu makan makanan yang menyehatkan kulit Anda dan merawat kulit Anda secara teratur.

  1. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh
    Manfaat infused water ini pun tak kalah luar biasa. Banyak orang percaya bahwa infused water dapat membantu proses detoksifikasi, yang disebut pembuangan racun dari tubuh. Faktanya, tubuh kamu sebenarnya memiliki kemampuan untuk membuang racun dengan sendirinya. Tubuh mengeluarkan racun dan bahan limbah melalui sistem ekskresi, salah satunya adalah ginjal. Organ ini menyaring puluhan liter racun dan bahan limbah dari darah setiap hari dan kemudian mengeluarkannya melalui urin.

Infused water tidak akan mendetoksifikasi tubuh kamu, tetapi minuman ini setidaknya dapat membuat kamu minum lebih banyak air. Asupan air yang cukup akan memperlancar kerja ginjal. Dengan kata lain, kamu sedang memfasilitasi proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

  1. Alternatif bagi yang tidak suka air
    Kamu membutuhkan asupan air yang cukup untuk menjaga berbagai fungsi tubuh. Oleh karena itu, kamu perlu minum air putih minimal 8 gelas sehari. Namun, kenyataannya banyak orang tidak suka minum air putih. Ini adalah manfaat lain dari infused water. Minuman ini bisa menjadi alternatif bagi orang yang kurang menyukai air putih. Perasaan menyegarkan tanpa rasa manis yang berlebihan dapat membantu kamu minum lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, air yang diseduh bisa menjadi pilihan yang lebih sehat bagi orang yang terbiasa minum minuman manis daripada air putih. Oleh karena itu, cobalah sesekali membuat infused water dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

  1. Cara sehat minum vitamin
    Beberapa mungkin ingin mendapatkan berbagai vitamin dari lemon, tetapi tidak tahan dengan rasa asamnya. Atau kamu ingin memetik manfaat mentimun dan seledri tetapi tidak menyukai tekstur dan rasanya yang kuat.

Dengan mengolah jeruk nipis, seledri atau bahan lainnya dalam infused water, kamu dapat terus menikmati manfaat dari bahan-bahan tersebut tanpa perlu mengkonsumsinya secara langsung. Selain itu, rasa air yang diseduh tidak sekuat bahan utama. Kamu tidak kehilangan vitamin C dan vitamin B kompleks dalam buah-buahan, yang biasanya hilang karena larut dalam air. Sebaliknya, vitamin akan keluar dari buah dan larut dalam infused water yang kamu minum.

  1. Membantu melancarkan pencernaan
    Infused water menyediakan asupan air yang dibutuhkan untuk berfungsinya sistem pencernaan. Tanpa asupan air yang cukup, usus besar tidak dapat menghasilkan tinja lunak yang cukup, sehingga kamu berisiko mengalami sembelit.
    Tak hanya itu, kandungan vitamin B kompleks pada buah dan sayur membantu memecah karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan. Hal ini tentunya akan memudahkan usus untuk mencerna makanan.

Infused water memiliki manfaat kesehatan. Namun, fitur ini tidak lebih dari membuat kamu lebih sering minum air putih dan membantu kamu mendapatkan vitamin dari bagian sayuran dan buah-buahan yang tidak bisa dimakan langsung. Jika kamu ingin menuai manfaat buah atau sayuran, cara terbaiknya adalah memakannya utuh. Dengan cara ini, kamu mendapatkan asupan vitamin, mineral, dan serat bukan di infused water.

Reporter: Syifa Ayuni Qotrunnada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini