Ini Khasiat Buah Pisang Berdasarkan Warna Kulitnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Khasiat buah pisang ternyata juga ditentukan oleh warna kulitnya. Buah yang memiliki kandungan vitamin dan kalori ini juga memiliki fungsi untuk menambah energi.

Selain itu khasiat dari buah endemik asal Asia Tenggara ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Namun manfaatnya tergantung dengan tingkat kematangannya dan kondisi kesehatan seseorang.

Beda kematangan maka beda pula juga nutrisi dan manfaatnya. Maka sebaiknya pilih pisang sesaii dengan kebutuhan tubuh. Agar bisa menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan, berikut manfaat pisang sesuai warna kulitnya.

Pertama, yaitu pisang berkulit hijau. Umumnya pisang jenis ini agak mentah dan terasa pahit jika dimakan. Namun memiliki kandungan pati resisten tinggi dan rendah gula.

Menurut riset British Journal of Nutrition, pati dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek (SCFA) yang baik bagi kesehatan usus.

Selain itu, tekstur pisang yang keras juga memiliki bakteri probiotik yang baik untuk sistem pencernaan. Maka, smoothies dari pisang mentah cocok bagi penderita diabetes atau yang menjakani diet.

Kedua, yaitu pisang berkulit kuning. Warnanya memperlihatkan bahwa buah ini sudah matang dan memiliki tekstur yang empuk.

Pisang dengan warna kulit kuning mengandung antioksidan yang baik untuk menghalau efek radikal bebas. Teksturnya juga lebih ramah pada orang dengan masalah pencernaan.

Mengonsumsi pisang ini juga bisa menciptakan rasa kenyang dan berenergi namun kematangannya yang memiliki indeks glikemik tinggi sehingga tidak cocok untuk dinikmati oleh penderita penyakit gula.

Ketiga yaitu pisang dengan kulit bintik hitam atau kecoklatan. Pisang ini memiliki kadar serat yang lebih rendah dan mengandung lebih banyak gula. Namun Riset Jurnal Diabetic Medicine memaparkan bahwa konsumsi pisang yang terlalu matang lebih baik dibandingkan nasi putih bagi penderita diabetes.

Terakhir yaitu pisang dengan kulit yang hampir semua berwarna cokelat atau kehitaman. Buah ini umumnya sudah lembek namun manfaatnya bukan berarti sudah hilang.

Pisang ini tergolong sudah terlalu matang karena memiliki kadar antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi. Maka pisang jenis ini tidak cocok bila dikonsumsi penderita penyakit gula darah. Demikian halnya, dengan orang yang sedang menjaga berat badannya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini