Ini Dia Masker Paling Unik Selama Pandemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi virus Covid-19 telah memaksa kita semua untuk selalu menggunakan masker setiap kali keluar rumah. Oleh sebab itu, masker telah menjadi komoditas utama yang sangat penting.

Agar tampil lebih berbeda, beberapa orang menunjukan kreativitas mereka dengan mengubah masker wajah menjadi proyek seni dalam mengekspresikan identitas mereka.

Banyak karya hasil mereka yang menarik perhatian karena keunikannya tersendiri. Berikut daftar masker unik dari seluruh dunia

  1. Huami Amazfit Aeri Mask

Masker wajah buatan Huami, perusahaan Tiongkok, didesain seperti masker bedah N95 yang transparan. Hal ini memudahkan penggunanya membuka kunci ponsel dengan fitur Face ID.

Selain itu, masker canggih satu ini dilengkapi dengan filter udara yang dapat dilepas pasang. Tak hanya itu saja, masker ini disertai dengan sinar ultraviolet yang mampu membunuh bakteri dan virus dari udara.

  1. Donut Robotics C-Mask

C-Mask, merupakan masker cerdas buatan Donut Robotics, Start Up Jepang, yang mampu terhubung dengan internet. Melalui Bluetooth yang terpasang di gawai, masker ini mampu menyalin ucapan ke dalam pesan teks.

Awalnya, masker ini dibuat ketika para insinyur perusahaan ingin membantu perusahaan bertahan di tengah pandemi Covid-19. Saat itu, Donut Robotics baru saja menerima kontrak sebagai pemasok robot pemandu dan penerjemah di Bandara Haneda, Tokyo.

Masker ini pertama kali diperjualbelikan di Jepang pada September 2020 dengan harga Rp 574 ribu per masker. Perusahaan berharap masker buatannya ini segera dipasarkan di berbagai negara lainnya seperti Amerika Serikat dan Tiongkok.

  1. Masker Pembaca Gerak Bibir

Walau mampu membantu menghambat penyebaran virus Covid-19, kebanyakan masker wajah menutupi separuh wajah penggunanya. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi tuna rungu yang berkomunikasi dengan cara membaca bibir lawan bicaranya.

Untuk menjawab permasalahan ini, pasangan suami istri asal Makassar, Sulawesi Selatan, menciptakan masker wajah transparan untuk membantu tuna rungu.

Berbeda dengan masker buatan Huami, masker buatan anak bangsa ini hanya transparan di bagian bibirnya saja. Hal ini sudah cukup untuk memperlihatkan gerak-gerik mulut seseorang ketika berbicara,

“Sejak pandemi, semua orang memakai masker. Bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran, akan sangat sulit untuk berkomunikasi karena mereka tidak dapat membaca gerakan bibir. Ini yang menimbulkan kebingungan” kata Faizah Badaruddin.

Wanita berusia 52 tahun itu menjual maskernya dengan harga yang terjangkau, yakni mulai harga Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu saja.

  1. Avtipus Remote

Peneliti Israel telah mengembangkan sebuah masker dengan pengendali mulut jarak jauh. Masker ini memungkinkan pengunjung tidak perlu membuka maskernya ketika ingin menyantap makanan. Mereka mengklaim jika penggunaan masker ini mampu membuat kunjungan ke restoran tidak terlalu berisiko.

Sebuah remote berfungsi untuk membuka celah di depan topeng sehingga makanan bisa masuk ke dalam mulut. Dalam kenyataannya, akan sangat merepotkan jika memakan es krim karena akan berantakan.

“Masker akan dibuka secara mekanis dengan remote atau secara otomatis saat garpu masuk ke dalam masker” kata Asaf Gitelis, Wakil Presiden Avtipus Patents and Inventions.

Menurut perusahaan, maskern ini akan dijual dengan harga USD 0,85 hingga USD 2,85 di atas harga masker medis berwarna bitu yang banyak dipakai oleh masyarakat Israel.

  1. VX Mask

Masker yang satu ini berbentuk sangat kecil dan hanya menutupi hidung dan mulut penggunanya. Masker ini lebih tepat dipakai ketika memiliki janji dengan dokter kecantikan atau penata rambut. Karena, masker ini tidak akan menghalangi wajah penggunanya.

Masker yang dibuat oleh Dr. SM Yuen, Pendiri Atlas Medical – Derma Regen Clinic, memiliki filter di antara dua lapisan non-hidrofobik.

Hal ini menjadi kabar gembira bagi pengguna yang memiliki kulit sensitif, sebab masker ini bersifat hipoalergenik. Meski memiliki ukuran kecil, masker ini mampu bertahan di wajah selama enam hingga delapan jam, atau lebih singkat untuk pengguna yang memiliki wajah berminyak

Reporter: Diani Ratna Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini