Ini Dia, 4 Tips Mengatur Gaji Pertama untuk Fresh Graduate!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menerima gaji pertama merupakan salah satu yang paling berkesan dan pada umumnya akan sangat ditunggu oleh seorang pekerja baru.

Saat menerima gaji pertama, kebanyakan pekerja akan memiliki beragam rencana terkait dengan uang tersebut, bahkan ada pula yang langsung dihabiskan gitu saja tanpa adanya rencana keuangan yang benar dan matang.

Hal ini jelaslah salah besar. Membelanjakan gaji sepuasnya memang sangat menyenangkan, namun kamu perlu mengingat bahwa ada kebutuhan atau pos pengeluaran lainnya yang harus tercukupi dengan baik selama satu bulan penuh.

Jangan sampai kedepannya kamu kewalahan, hanya karena gajim telah habis di tengah jalan.  Agar hal ini tidak terjadi pada keuanganmu, sebaiknya simak beberapa tips atur gaji pertama berikut ini, yang bisa langsung dipraktikan.

Atur Anggaran Pengeluaran

Saat menerima gaji pertama, mungkin banyak keinginan yang tiba-tiba terlintas di pikiran. Hal itu sah-sah saja, yang penting tetap cermat, apalagi jika kamu tipe orang yang impulsif.

Cobalah menyusun daftar kebutuhanmu selama sebulan ke depan dengan lengkap. Mulailah dengan kebutuhan utama seperti bayar kosan, makan harian, transportasi, paket data, dan lain-lain. Selanjutnya bisa kamu atur sesuai prioritasmu.

Pastikan kamu memilih berbagai kebutuhan ini dengan baik, sehingga hal-hal yang sangat penting bisa terpenuhi lebih dulu.

Jangan lupa untuk membuat daftar belanja, agar kamu tidak sampai membeli berbagai barang yang tidak penting.

Sisihkan Tabungan

Biasakan untuk selalu menyisihkan sejumlah tabungan rutin bulanan setiap kali kamu gajian. Kamu bisa menentukan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan, misalnya 10% dari gajimu.

Dana tabungan ini bisa kamu masukkan ke dalam celengan atau bahkan tempat penyimpanan lainnya.

Namun jika kamu ingin merasa lebih aman, maka membuka rekening khusus untuk tabungan ini merupakan langkah yang tepat.

Jalani Pola Hidup Sederhana

Punya penghasilan sendiri tidak jarang membuat gaya hidup seseorang jadi ikut berubah. Tentu tak ada salahnya kamu mengapresiasi diri setelah memperoleh gaji pertama asal disertai dengan pertimbangan yang bijak.

Jangan sampai kamu terjebak dalam gaya hidup boros dan impulsif. Ingat, hemat bukan berarti menyiksa diri, tapi mendisiplinkan diri.

Belajar Literasi Keuangan

Saat ini sudah banyak informasi-informasi tentang manajemen keuangan yang tersedia di buku, internet, maupun sosial media.

Dengan belajar literasi keuangan, kamu akan lebih mudah dalam mengelola keuangan serta menyesuaikannya dengan gaya hidup.

Tak ada salahnya meluangkan sedikit waktumu untuk memahami ilmu finansial yang akan berguna untuk masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jadi Duta Komunikasi WWF, Cinta Laura Ajak Generasi Muda Peduli Krisis Air

Bali – Duta Komunikasi World Water Forum (WWF) ke-10 Cinta Laura mengajak generasi muda untuk lebih peduli pada persoalan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini